Rabu, 19 Jun 2019 12:32 WIB

Fenomena Anak Disunat Jin, Begini Penjelasan Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi gunting sunat. Foto: thinkstock Ilustrasi gunting sunat. Foto: thinkstock
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
Jakarta - Di Indonesia, fenomena anak disunat jin atau makhluk halus sudah santer terdengar dari masa ke masa. Kejadian ini terjadi di beberapa wilayah, ketika alat kelamin sang anak berbentuk seperti sudah disunat padahal belum pernah melakukan tindakan yang dalam medis disebut sikumsisi.

Menurut dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sunat dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, anak disunat jin itu merupakan mitos yang berkembang di kalangan masyarakat. Kejadian seperti ini disebut kondisi parafimosis.



"Itu penyakit yang disebut parafimosis, kulitnya ketarik ke belakang karena dimain-mainin, kan suka tuh anak main-mainin, ketarik eh nggak bisa balik lagi. Jadi dia kebuka terus ngunci, itu parafimosis," jelasnya saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Pada kondisi seperti itu biasanya alat kelamin sang anak terasa sakit dan barulah orang tua melihat kondisi alat kelamin sang anak. Saat itu lah orang tua akan merasa heran karena bentuk alat kelamin anak seperti sudah disunat.

"Orang tuanya heran kok sudah kebuka, jangan-jangan disunat nih. Orang kita kan suka mistik, jadi disunat jin nih," imbuh dr Mahdian.

(wdw/fds)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat