Jumat, 28 Jun 2019 10:15 WIB

13 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Dicoba!

Fithria Pratiwi - detikHealth
13 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Dicoba!/Foto: iStock 13 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bisa Dicoba!/Foto: iStock
Jakarta - Buah semangka kerap kamu temukan sebagai menu pencuci mulut. Selain karena banyak digemari orang, ada banyak manfaat untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan.

Semangka memiliki rasa manis dan menyegarkan saat disantap ketika cuaca panas. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, semangka juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut ini berbagai manfaat semangka untuk tubuh:



1. Mencegah Impoten

Manfaat buah semangka secara alami dapat dirasakan untuk pria. Semangka dapat digunakan untuk obat kuat pria yang dapat menjaga kesuburan. Dengan mengonsumsi semangka, maka dapat mengobati dan mencegah impoten. Impoten adalah kondisi ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi walaupun adanya rangsangan seksual.

2. Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Kandungan asam amino citruline yang dimiliki semangka dapat secara efektif mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Semangka mampu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya dalam saluran pencernaan. Dengan manfaatnya ini, maka semangka dapat kamu gunakan jika sedang menjalani diet.

3. Menyehatkan Jantung

Semangka sangat kaya likopen yang dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Hal ini yang membuat semangka dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Semangka merah termasuk buah yang rendah kalori. Ada banyak kandungan gizi yang dimiliki semangka. Kandungan yang dimilikinya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat semangka selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini memiliki efek yang sangat baik mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah. Hal ini yang membuat semangka sangat bermanfaat untuk mencegah hipertensi.

6. Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki 92% kandungan air di dalamya. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu mencegah dehidrasi.

7. Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan tinggi air yang dimiliki semangka ini juga dapat memberikan kelembapan pada kulit. Jika kamu memiliki masalah kulit kering, kamu dapat mengonsumsi semangka untuk membantu mengobatinya. Kulit yang kering dapat disebabkan oleh kurangnya kandungan air di dalam tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menggunakan semangka sebagai masker untuk wajah.

8. Melindungi Fungsi Saraf

Manfaat semangka selanjutnya juga dapat membantu melindungi fungsi saraf. Semangka memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mengatur fungsi saraf.

9. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar disebabkan oleh berbagai hal salah satunya kurangnya serat di dalam tubuh. Buah semangka yang tinggi kandungan air, dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi ini.

10. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan potasiun di dalam semangka dapat membantu membersihkan endapan beracun di ginjal. Semangka juga bermanfaat untuk mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. Kandungan airnya yang tinggi juga mampu mendorong untuk buang air kecil yang dapat membantu membersihkan ginjal.




11. Menjaga Kesehatan Rambut

Semangka juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin A yang terdapat di dalamnya dapat membantu batang rambut tetap lembap.

12. Mengatasi Nyeri Otot

Senyawa asam amino citruline yang terdapat dalam semangka dapat membantu meredakan nyeri otot. Senyawa ini membuat otot menjadi lebih santai dan meredakan ketegangan. Banyak orang yang mengonsumsi semangka setelah melakukan pertandingan.

13. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi pada semangka sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, semangka juga memiliki senyawa antioksidan yang berperan pula untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker berkembang.

Banyaknya manfaat semangka di atas sangat disayangakan jika kamu tidak memasukkan semangka ke dalam daftar menu harian. Kamu dapat mengonsumsinya langsung, dibuat jus, atau olahan lainnya. Mendapatkan semangka juga tidak sulit karena banyak dijual di toko buah di pinggir jalan maupun pasar.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)