Senin, 01 Jul 2019 12:28 WIB

Kenapa Kaki Mudah Kesemutan Saat 'Ngeden' di Toilet Jongkok?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kesemutan terjadi karena aliran darah terlalu banyak ke bagian bawah tubuh. (Foto: istock) Kesemutan terjadi karena aliran darah terlalu banyak ke bagian bawah tubuh. (Foto: istock)
Jakarta - Kesemutan akan memberikan sensasi unik yang membuat badan serasa dikerubungi oleh semut. Saat mengalaminya, kamu mungkin akan merasa kurang nyaman karena bagian tubuh yang kesemutan akan terasa sedikit geli ketika digerakkan.

Nah beberapa orang mengalami kesemutan parah saat buang air besar (BAB) di toilet jongkok. Hmm.. kira-kira alasannya kenapa ya?

"Kesemutan saat BAB di toilet jongkok ya karena aliran darahnya ke bawah semua, kan ngeden," kata spesialis saraf dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Frandy Susatia, SpS kepada detikHealth beberapa waktu lalu.


"Biasanya juga kan ada perasaan lain seperti semaput, berkunang-kunang, kayak mau pingsan ya karena saat mengejan, darah di area tubuh bawah nggak bisa kompensasi terutama pada orang tua ya," sambungnya.

Sebelum kaki kesemutan, biasanya kamu akan mengalami sensasi seperti mati rasa. Ini terjadi karena aliran darah di kaki 'tertidur' sementara karena ditekan dalam waktu yang lama.

Jadi lebih bagus toilet duduk dong dok?

"Kalau lebih bagus sih toilet jongkok soalnya gampang keluar. Tapi untuk yang sudah tua atau punya penyakit mending toilet duduk jauh lebih baik karena risiko jatuhnya akan lebih kecil," pungkasnya.




Tonton video Apakah Sering Kesemutan adalah Indikasi Stroke?:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jangan Sering-sering Gunakan Karbol untuk Bersihkan Toilet!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)