Rabu, 03 Jul 2019 17:50 WIB

11 Cara Mengatasi Depresi, Bisa Rutin Dilakukan!

Fithria Pratiwi - detikHealth
11 Cara Mengatasi Depresi, Bisa Rutin Dilakukan/Foto: iStock 11 Cara Mengatasi Depresi, Bisa Rutin Dilakukan/Foto: iStock
Jakarta - Depresi merupakan kelainan mental yang paling umum terjadi. Jika depresi terjadi, ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan merubah gaya hidup dan perilaku.

Depresi dapat mempengaruhi perasaan serta cara berpikir dan berperilaku. Jika rasa ini berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, tentu saja akan mengganggu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari.

Faktor genetik dan stres dapat menjadi penyebab depresi. Orang dengan riwayat keluarga depresi lebih cenderung berpeluang mengalami depresi. Sementara stres akibat kehilangan orang yang dicintai dan hubungan dengan orang sekitar mengalami masalah juga bisa memicu terjadinya depresi.

Pada sebagian orang depresi dapat memberikan gejala yang membuat tidur lebih banyak, dan sebagian orang lainnya akan mengalami gejala sulit tidur dan hilangnya nafsu makan. Selain itu, depresi juga memiliki gejala sulit berkonsentrasi, merasa sedih berkepanjangan, merasa masa depan tidak akan baik, merasa tidak berenergi, dan hingga merasa ingin melakukan bunuh diri.

Gejala-gejala tersebut harus segera diatasi agar tidak berkepanjangan. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsultasikannya ke dokter kejiwaan dan melakukan perubahan gaya hidup dan perilaku. Berikut beberapa cara menghilangkan depresi pikiran:
1. Berolahraga

Mengatasi depresi dapat dengan melakukan olahraga yang mampu membantu meningkatkan mood. Olahraga secara rutin dapat membuat kamu merasa lebih baik. Keuntungan berolahraga ini berefek panjang karena mendorong otak untuk berpikir positif.

2. Berpikir Positif

Cara mengatasi depresi juga bisa dengan mencegah setiap pikiran negatif yang datang dengan menggunakan logika. Hal ini akan membantu untuk bertoleransi dan mengatasi perilaku untuk lebih positif dan sehat.

3. Mencari Teman Curhat

Jika kamu sedang merasa terpuruk, jangan sendirian. Kamu dapat berbagi cerita dengan keluarga atau sahabat dekat yang dipercaya. Luapkan seluruh permasalahan yang terjadi sehingga dengan berbagi perasaan dapat membuat hati lebih lega.

4. Perlahan Menyelesaikan Masalah

Masalah berat yang menjadi penyebab depresi harus diselesaikan secara bertahap. Menyelesaikan satu per satu dapat mengontrol emosi dan dapat membuat depresi perlahan hilang.

5. Atur Asupan Makan

Makanan bisa dapat membantu mengurangi tingkat depresi. Makanan yang mengandung selenium dan magnesium tinggi sangat bagus untuk menyembuhan depresi. Jenis makanan tersebut seperti kacang-kacangan, gandum, ikan tuna, cokelat, dan kerang.



6. Memiliki Buku Harian atau Diary

Menulis buku harian dapat menjaga kejadian negatif tetap terasa wajar. Menulis semua perasaan setiap harinya melalui diary dapat dijadikan pengingat ketika mengalami masa sulit, kamu dapat merasa bahwa masih ada hal positif lainnya yang pernah dialami.

7. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat memperburuk kondisi depresi, hal ini yang membuat kamu merasa semakin terpuruk. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Jauhkan semua hal-hal yang mengganggu tidurmu seperti komputer, TV, dan handphone jika jadwal tidur telah tiba.

8. Melakukan Hal Baru

Melakukan sesuatu kegiatan yang baru ketika kamu mulai terasa depresi dapat mencegah terjadinya depresi. Melakukan hal baru akan membuat kamu tertantang dan meningkatkan hormon dopamine yang berkaitan dengan rasa senang atau kenikmatan.

9. Pergi ke Luar Rumah

Batin yang tertekan akan membuat kamu ingin mengurung diri di rumah. Mengurung diri di rumah bukan cara yang baik untuk mengatasi depresi. Cobalah untuk keluar dan cari tempat yang bisa memberikan ketenangan. Udara yang segar dan terpaparnya sinar matahari akan membuat tubuh terasa lebih segar.

10. Meditasi

Meditasi dapat memberikan sensasi ketenangan yang bisa membantu untuk mengatasi stres dan depresi. Cobalah untuk melatih pernapasan dalam dan relaksasi otot ketika melakukan meditasi.

11. Jangan Lupa Tertawa

Depresi akan membuat kamu lebih murung, tetapi hal tersebut tidak boleh larut karena dapat membuat depresi semakin buruk. Tertawalah karena tertawa bisa mengurangi ketegangan otak yang menimbulkan depresi.

Banyaknya tekanan yang didapatkan dari berbagai aspek memang membuat kamu mudah depresi. Tetap selalu menjaga hati dan pikiran agar tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah hidup.




Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)