Kamis, 04 Jul 2019 16:04 WIB

Lansia Bisa Idap 5 Masalah Kesehatan Sekaligus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi lansia. Foto: thinkstock Ilustrasi lansia. Foto: thinkstock
Jakarta - Jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia pada tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 27 juta jiwa atau sekitar 9,9 persen dari jumlah penduduk. Sayangnya, masih banyak lansia yang mengidap masalah kesehatan sehingga tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

"Berbeda dengan lansia, penyakitnya multiple. Pada 1 orang lansia, bisa terjari 5-7 masalah kesehatan. Pneumonia, hipertensi, diabetes, stroke, katarak juga ada gangguan psikologis seperti dementia, depresi dan penurunan kapasitas fungsional sehingga butuh caregivers," kata Ketua Perhimpunan Geriatri Medik Indonesia (Pergami), Prof dr Siti Setiati, SpPD-KGER, kepada detikHealth, Kamis (4/7/2019).

Prof Siti mengatakan hal ini biasanya dipicu satu masalah kesehatan pada usia muda. Kalau punya penyakit degeneratif kemungkinan penyakit akan bertambah akan lebih besar. Misal jika mengidap hipertensi, penyakitnya bisa saja akan berkembang menjadi stroke dan gagal ginjal.



"Konsekuensi akan konsumsi obat lebih banyak. Obat terlalu banyak, dan mungkin saja tidak digunakan," tambahnya.

Untuk itu, disarankan agar lansia melakukan pemeriksaan rutin minimal setahun sekali dan melakukan upaya pencegahan agar penyakitnya tidak bertambah dan parah.

"Kalau masih sehat, dicegah agar tidak sampai mendapat penyakit dan early detection," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)