Senin, 08 Jul 2019 07:35 WIB

Kopi, Teh, dan Sederet Minuman Terbaik untuk Diminum di Pagi Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kopi salah satu minuman terbaik di pagi hari. (Foto: iStock) Kopi salah satu minuman terbaik di pagi hari. (Foto: iStock)
Jakarta - Sarapan yang sehat bisa mendukung penurunan berat badan dan membantu mempertahankan berat badan. Sarapan juga dapat mengurangi jumlah rasa lapar sepanjang hari, dan membantu agar makan lebih sedikit. Sarapan yang baik juga membuat tubuh berenergi.

Bukan hanya makanan, sarapan juga bisa termasuk minuman sehat yang bisa kamu konsumsi di pagi hari. Memilih minuman yang tepat untuk sarapan sama pentingnya dengan makan makanan sehat yang tersaji di piringmu.

Berikut deretan minuman terbaik yang bisa dikonsumsi di pagi hari dikutip detikHealth dari berbagai sumber.



1. Kopi
Kopi adalah salah satu minuman terbaik untuk memulai hari. Kafeinnya yang tinggi terbukti bisa menaikkan mood, tingkat kewaspadaan dan kinerja mental. Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak.

Selain itu, kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati. Tapi selalu ingat untuk membatasi asupannya jika tak ingin mendapat efek samping berlebihan.

2. Teh hijau
Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat. Hampir sama dengan kopi, teh hijau mengandung kafein, yang meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati, dan metabolisme.

Teh hijau mungkin sangat membantu melawan diabetes. Sebuah ulasan dari 17 studi menemukan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau mengalami penurunan kadar gula darah dan insulin.

3. Air putih
Meskipun air tidak mengandung rasa atau nutrisi tertentu, air putih sangat membantu tubuh untuk berfungsi di pagi hari dan menjaga tubuh tetap berenergi. Air minum juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan otot.



Minum segelas air selama dan setelah sarapan akan membantu mengisi perut dan membuat Anda kenyang selama beberapa jam ke depan.

4. Susu
Susu kaya akan kandungan kalsium dan kalium yang bagus untuk menjaga kekuatan tulang. Selain itu susu memiliki fungsi penting seperti transmisi saraf, kontraksi otot, dan pembekuan darah. Sekaligus mengatur tekanan darah, yang dibutuhkan oleh otot tubuh.

5. Jus buah atau smoothies
Smothies saat sarapan bisa membuat tubuh terhidrasi dan kenyang sekaligus. Buah segar atau beku yang ditambahkan pada jus buah atau smoothies menyediakan vitamin dan rasa manis alami. Anda bisa menambahkan susu skim, susu kedelai, atau yogurt bebas lemak sebagai sumber protein tanpa lemak berlebih.



Jangan Lewatkan Sarapan untuk Kebutuhan Gizi Kamu:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)