Senin, 15 Jul 2019 15:15 WIB

Ngetren Posting Foto Anak di Hari Pertama Sekolah, Pahami Juga Risikonya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Suasana hari pertama sekolah di SDN 01 Rawa Badak Utara, Jakut (Foto: Pradita Utama) Suasana hari pertama sekolah di SDN 01 Rawa Badak Utara, Jakut (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Tagar #HariPertamaSekolah menggema di media sosial. Tak sedikit tagar tersebut diikuti dengan beberapa unggahan foto si kecil yang akan memasuki hari pertama di sekolahnya.

Psikolog anak Nabila Dian Nirmala, SPsi, MPsi, mengomentari bahwa fenomena mengunggah foto ini bisa jadi dilihat sebagai suatu pencapaian bagi para orang tua milenial. Generasi milenial merupakan sebutan bagi mereka yang lahir di tahun 1980 sampai awal tahun 2000-an.

"Jadi ketika kita bisa menunjukkan pencapaian kita, apalagi dilihat orang lain, itu jadi menimbulkan kepuasan entah dari mana sumbernya," tutur Dian Nirmala, sapaannya, saat berbincang dengan detikHealth, Senin (15/7/2019).


Akan tetapi di sisi lain, Dian Nirmala menyebutkan fenomena ini juga bisa memberikan tekanan pada orang tua lainnya. Tekanan ini bisa menimbulkan adanya persaingan di antara para orang tua.

"(Tekanan tersebut) untuk orang-orang yang 'Berarti ah anak si ini udah segini nih' 'Ortu yang B udah bisa begini, berarti anakku harusnya udah bisa seperti itu'. Semakin tersaingi," imbuh dia.

Uniknya, lanjut Dian Nirmala, persaingan ini tidak terjadi di masa orang tua generasi milenial tersebut. Sehingga wajar saja jika fenomena pamer foto di medsos saat hari pertama sekolah bisa menjadi sangat heboh.






Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed