Selasa, 16 Jul 2019 12:59 WIB

Aria Eks Bocah Tergemuk Akan Jalani Operasi Terakhir Angkat Kulit Gelambir

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Perjuangan Aria menurunkan berat badannya menyisakan masalah kulit bergelambir. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth) Perjuangan Aria menurunkan berat badannya menyisakan masalah kulit bergelambir. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth)
Jakarta - Aria Permana, bocah asal Karawang, Jawa Barat yang pernah mendapatkan gelar Bocah Tergemuk Sedunia tak lama lagi akan menjalani operasi keduanya. Operasi ini merupakan operasi pengangkatan kulit gelambir yang menjadi tahap terakhir untuk mengikis gelar fenomenal tersebut.

Dihubungi detikHealth, ayah Aria, Ade Soemantri mengaku belum tahu pasti kapan operasi dilaksanakan. Namun pada Rabu nanti akan dilakukan pengukuran baju untuk operasi.


"Untuk info operasi blm fix tapi hari Rabu besok baru mau diukur baju buat Aria operasi. Biasanya setelah diukur baju tidak lama lagi pelaksanaannya," tutur pria berusia 43 tahun ini melalui pesan singkat, Selasa (16/7/2019).

Ade mengatakan rencana operasi akan dilakukan di RS Hasan Sadikin Bandung. Baru-baru ini Aria juga disebut sudah melakukan pengecekan keadaan sebelum operasi dan hasilnya baik. Aria kini berbobot 87 kg, turun drastis dari sebelumnya berbobot 192 kg pada 2016.

Operasi pengangkatan gelambir ini dilakukan guna menyingkirkan kulit sisa akibat penurunan bobot Aria yang drastis. Ditaksir biaya akan mencapai 200 juta rupiah, beberapa waktu lalu Ade juga membuka laman donasi untuk membantu biaya tersebut.

Operasi ini merupakan tahapan terakhir Aria untuk bisa hidup normal seperti anak seusianya. Ade pernah menyebut kulit yang menggantung tersebut sangat mengganggu Aria beraktivitas dan juga membuatnya cukup minder.



Simak Video "Curhat Aria Permana Obesitas Hingga 192 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)