Senin, 22 Jul 2019 18:12 WIB

Nunung Menangis Hingga Nyaris Pingsan, Ini Kaitan Emosi dengan Kesadaran

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Nunung dilaporkan hampir pingsan saat menangis (Foto: Palevi S/detikFoto) Nunung dilaporkan hampir pingsan saat menangis (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Komedian Nunung dibawa pihak kepolisian ke rumah tahanan narkoba Polda Metro Jaya siang (22/7/2019). Saat berjalan, tersangka penyalahgunaan sabu ini menangis terisak-isak bahkan sampai nyaris pingsan. Bagaimana hilangnya kesadaran bisa terjadi secara tiba-tiba saat menangis?

Pingsan adalah keadaan kehilangan kesadaran sementara yang berlangsung tiba-tiba. Adanya gangguan pada aktivitas saraf di korteks otak besar yang bisa menyebabkan seseorang tak sadar, demikian dihimpun dari Brainfacts.org.

Sinkop Vasovagal atau vasovagal syncope merupakan kondisi paling umum yang memberi dampak pingsan. Hal itu terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan saat berhadapan dengan pemicu pingsan, seperti adanya gangguan emosi yang ekstrem.



Seseorang yang terkena sinkop vasovagal akan mengalami penurunan detak jantung dan tekanan darah secara drastis. Dikutip dari Mayo Clinic, penurunan ini berakibat pada berkurangnya aliran darah ke otak yang kemudian menyebabkan seseorang bisa pingsan.

Sebelum pingsan, gejala yang muncul antara lain sebagai berikut:

- kulit memucat
- kepala pusing
- pandangan kabur
- keringat dingin.

Jika sinkop vasovagal terjadi, terdapat tanda-tanda seperti gerakan yang tidak wajar, denyut lemah, dan pupil melebar. Pemulihannya bisa terjadi sangat cepat, yakni kurang dari satu menit. Namun jika terlalu cepat berdiri, penderita bisa terkena pingsan lagi.

Perempuan cenderung mudah terkena syok emosional atau 'emotional shock'. Rasa takut dan kondisi penuh tekanan memicu respons syok pada sistem kardiovaskular dan akan menyebabkan pingsan.



Simak Video "Jangan Panik! Begini Cara Tangani Orang Pingsan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed