Jumat, 26 Jul 2019 09:02 WIB

6 Tips Biar Tak Kena Kanker Meski Kena Polusi Tiap Hari

Adelia Putri - detikHealth
Polusi ibu kota. Foto: Rifkianto Nugroho Polusi ibu kota. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Paparan polusi yang tinggi dalam jangka panjang bisa memicu perubahan sel-sel tubuh menjadi ganas. Ada beberapa saran dokter untuk mengurangi risiko kanker.

"Pencegahan kanker sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menerapkan CERDIK yang dibuat oleh kemenkes. Cara ini dapat menahan angka penderita kanker yang setiap tahunnya terus bertambah," Dr dr Nina Kemala Sari, SpPD-KGER dari RS Kanker Dharmais, Kamis (25/07/2019).

Selengkapnya, berikut tips yang disampaikan dr Nina.



C = Cek kesehatan
"Misalnya kita bisa cek payudara sendiri, nah itu bisa dilakukan di rumah, jadi kalau ada benjolan harus segera ke rumah sakit. Karena seringkali saya menemukan orang yg sudah parah baru ke rumah sakit. Maka dari itu jangan lupa cek kesehatan secara bertahap," saran dr Nina.

E = Enyahkan asap rokok
Di dalam asap rokok, terkandung ratusan jenis racun. Banyak di antaranya merupakan karsinogenik atau zat pemicu kanker.

R = Rajin olahraga
"Apabila rajin berolahraga kekebalan tubuhnya jadi meningkat, dan bila terkena paparan matahari pagi itu sangat bagus sekali," ujar dr Nina.

D = Diet yang seimbang
Pola gaya hidup sangat mempengaruhi terutama konsumsi makanan yang sehat dan memenuhi gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

I = Istirahat yang cukup
Orang dewasa disarankan tidur malam kurang lebi 6-8 jam sehari. Kurang dari itu, sel-sel tubuh tidak punya cukup waktu untuk recovery atau memperbaiki diri dari kerusakan-kerusakan akibat stres.

K = Kelola stres dan emosi
"Jadi orang yang gampang stres gampang cemas itu menjadi tidak seimbang kekebalan tubuhnya, sehingga memicu kanker," pungkas dr Nina.



Simak Video "Waspada! Polusi Udara Juga Bisa Terjadi di Dalam Ruangan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)