Senin, 29 Jul 2019 18:35 WIB

Soal Polusi, Dokter Paru Lebih Sarankan Benahi Kota dibanding Air Purifier

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Apakah air purifier efektif untuk hadapi polusi udara Jakarta? (Foto: iStock) Apakah air purifier efektif untuk hadapi polusi udara Jakarta? (Foto: iStock)
Jakarta - Kualitas udara Jakarta yang buruk terus mencapai peringkat tertinggi untuk kota yang paling berpolusi. Menggunakan alat air purifier atau penjernih udara kerap menjadi pilihan. Namun, apakah penggunaannya efektif menghalau polusi udara?

Kabut polusi yang terus membayangi Jakarta memberi efek yang negatif bagi kesehatan masyarakat yang beraktivitas di dalam maupun luar ruangan. Air purifier disinyalir bisa mengurangi polusi dalam ruangan. Faktanya ternyata tak demikian.

Menurut ahli paru dari Omni Hospitals Pulomas dr Frans Abednego Barus, SpP, memasang air purifier di dalam ruangan tidak memberi manfaat secara medis.

"Kalau indoor, ruangan AC, kan. Berarti pakai AC ada filternya. Manfaatnya air purifier ini enggak ada. Malah si orang ini kena polusinya itu outdoor bukan indoor. Karena kan polutan indoor satu-satunya berasal dari asap rokok," tutur dr Frans saat dihubungi detikHealth, Senin (29/07).

Lebih baik kota kita berbenah untuk turunkan polusi. Daripada yang sekarang ditangani dengan air purifier, useless. dr Frans Abednego Barus, Sp.P - Dokter paru


Pemasangan alat penjernih udara dalam ruangan ber-AC dianggap tak efektif, karena sama-sama punya filter. Namun, ukuran partikel polusi yang terlalu kecil, yakni 5 mikron, membuatnya tetap 'jebol' masuk dari luar ruangan ke dalam.

Air purifier bekerja dengan membersihkan sirkulasi udara dalam ruangan. Caranya pun bermacam-macam, antara lain dengan teknologi penyinaran, teknologi filterisasi, atau teknologi ionisasi.

Saat ini perlu adanya kebijakan dari pemerintah untuk mengatasi buruknya kualitas udara Jakarta. Bagi dr Frans, menanam pohon dengan daun yang lebat bisa jadi solusinya.

"Lebih baik kota kita berbenah untuk turunkan polusi. Daripada yang sekarang ditangani dengan air purifier, useless," pungkasnya.



Simak Video "Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)