Senin, 05 Agu 2019 14:40 WIB

Listrik Padam Lagi, Dampak Positifnya Bisa Detoks Gadget Lagi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi listrik padam. Foto: iStock Ilustrasi listrik padam. Foto: iStock
Jakarta - Tagar #matilampulagi menggema di dunia maya. Listrik yang kemarin padam kemudian sempat menyala, kini padam lagi secara bergilir di Jabodetabek. Netizen pun mengeluh mulai dari tidak punya air hingga tidak bisa mengakses gadgetnya.

Tak perlu merasa khawatir, karena di balik padamnya listrik ini pun ada dampak positif yang bisa kita dapatkan. Yakni detoks gadget sementara waktu, seperti yang dirasakan Zizu.

"Kemarin karena mati lampu, nggak ada sinyal, HP lowbat, jadinya emang berhenti sejenak megang gadget. Awalnya sih bingung mau ngapain tapi akhirnya baca buku, ngobrol sama saudara terus ngepas banget kemarin teman gue juga lagi main ke rumah," katanya kepada detikHealth, Senin (5/8/2019).



Dikutip dari beberapa sumber, detoks gadget ternyata memiliki manfaat yang tak kita duga sebelumnya, yaitu:

1. Lebih tenang

Bayangkan, saat kamu memegang gadgetmu, kamu akan harap-harap cemas selalu melihat gadget, 'apakah ada notifikasi?'. Sementara, ketika kamu tengah detoks gadget, kamu akan terbawa santai dan tidak peduli pada apa yang ada pada gadgetmu, sehingga membuatmu merasa lebih tenang.

2. Lebih bersosialisasi langsung

Gadget mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat. Jika kamu tidak menatap gadgetmu, pasti kamu akan lebih mudah besosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu, misalnya dengan lebih banyak mengobrol.

3. Lebih fokus

Dengan gadget di tangan, pasti kamu menjadi multitasking melakukan dua atau tiga hal secara bersamaan. Namun tanpa gadget, kamu akan lebih fokus pada apa yang kamu lakukan. Kamu akan merasa menyelesaikan suatu hal lebih cepat dari biasanya.

4. Tidur lebih nyenyak

Percayalah, dengan detoks gadget dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Menggunakan gadget sebelum tidur mampu menurunkan produksi melatonin atau hormon tidur yang berefek sulit tidur pada malam hari. Cahaya biru yang dipancarkan gadget pun memiliki efek buruk pada produksi melatonin. Para ahli kesehatan pun merekomendasikan untuk tidak menggunakan gadget setidaknya dua jam sebelum tidur.

5. Menjauhkan dari gangguan mental

Ingat, media sosial dapat memengaruhi kondisi mental seseorang. Dengan tidak banyak menghabiskan waktu dengan gadget dan media sosial, artinya menjauhkanmu dari gangguan mental, seperti depresi dan tidak percaya diri.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)