Selasa, 13 Agu 2019 07:15 WIB

Round Up

Awalnya Catcalling, Lama-lama Begal Payudara

Nabila Ulfa Jayanti, Kintan Nabila - detikHealth
Catcalling dianggap meresahkan oleh banyak orang (Foto: iStock) Catcalling dianggap meresahkan oleh banyak orang (Foto: iStock)
Jakarta - Catcalling adalah prilaku menggoda lawan jenis di jalan dengan siulan dan komentar fisik. Walau ada yang menganggapnya 'wajar', faktanya lebih banyak yang tidak merasa nyaman diperlakukan demikian. Seperti apa saja respons warganet soal catcalling?

Polling detikHealth di Twitter menjaring berbagai pendapat tentang catcalling. Meski ada sebagian yang menganggap catcalling sebagai perilaku 'wajar' hingga batas tertentu, seruan pedas tentang hal itu lebih banyak membanjiri kolom komentar.

"Gak ada yang wajar. Lo gak kenal gausah manggil atau ganggu lah? Sesimpel itu," tulis pemilik akun @Saputraaaaa93.



Pendapat senada juga disampaikan pembaca detikHealth melalui kolom komentar di artikel. Seperti yang disampaikan pemilik akun Sony Sugiri berikut.

"Ya tetep pelecehan judulnya. Kalau ada cowok yang bilang wajar, cek deh, 100 persen pasti ngamuk kalau cewek atau istrinya yang jadi korban," tulisnya.


Dalam wawancara langsung, bahkan ada yang tegas mengaitkan catcalling dengan begal payudara. Berawal dari hal-hal yang dianggap sepele, karena diterima sebagai hal yang wajar maka lama-lama berlaku juga untuk hal lain yang lebih menyeramkan.

"Kalau orang itu terlalu iseng dan enggak bisa nahan nafsu, bisa aja berawal dari catcalling terus jadi begal payudara," kata Annisa.

Namun dari sekian banyak pendapat, ada juga yang memberikan batas 'wajar' untuk catcalling. Sebanyak 33 persen memilih 'suit-suit' sebagai batas wajar, dan 48 persen memilih 'panggil nama'.




Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed