Selasa, 13 Agu 2019 16:31 WIB

Bikin Penasaran, Ternyata Tanaman Bajakah Banyak Jenisnya

Michelle Natasya - detikHealth
Akar bajakah tunggal diteliti sebagai obat kanker payudara (Foto: dok: IYSA) Akar bajakah tunggal diteliti sebagai obat kanker payudara (Foto: dok: IYSA)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Tanaman Bajakah jadi buah bibir masyarakat karena dikatakan mampu menyembuhkan sel kanker payudara. Bajakah viral sejak dua siswi asal Palangkaraya memperkenalkan akar tanaman Bajakah Tunggal dalam bentuk bubuk teh sebagai obat penyembuh kanker payudara dalam ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan Juli lalu.

Ternyata tanaman Bajakah sendiri ada banyak jenisnya, lho. Berikut 3 di antaranya:



1. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)
Tanaman ini seringkali digunakan oleh masyarakat pedalaman Kalimantan Tengah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Batang Bajakah Tampala biasanya digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin dan saponin. Zat-zat ini dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru.

2. Bajakah Lamei
Dikutip dari laman Institut Pertanian Bogor (IPB), tanaman ini merupakan tanaman hutan hujan tropis yang tumbuh merambat di daerah lembab. Masyarakat Kalimantan Tengah biasanya menampung cairan yang terdapat pada pohon Bajakah Lamei untuk kemudian diminum. Cairan dari pohon ini dipercaya dapat menyembuhkan diare.

3. Bajakah Kalalawit (Uncaria gambir Roxb)
Tanaman ini memiliki kandungan phenol dan antibacterial. Ekstrak gambir juga dipercaya memiliki kandungan katekin yang tinggi. Katekin disebut bisa mencegah penyakit jantung, kelebihan berat badan, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin yang terkandung dalam gambir juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.



Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
News Feed