Selasa, 10 Des 2019 18:07 WIB

Viral Diteliti Anak SMA untuk Kanker, Ini Update Terbaru Riset Bajakah

Firdaus Anwar - detikHealth
Para siswa SMA yang meneliti akar bajakah sebagai obat kanker: Aysa Aurealya Maharani, Anggina Rafitri, dan Yazid (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth) Para siswa SMA yang meneliti akar bajakah sebagai obat kanker: Aysa Aurealya Maharani, Anggina Rafitri, dan Yazid (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Tanaman bajakah asal Kalimantan sempat membuat heboh ketika tiga anak SMAN 2 Palangka Raya menelitinya sebagai obat kanker. Hasil penelitian tersebut membuat anak SMA yang diketahui bernama Yazid, Anggina, dan Aysa meraih penghargaan, sementara popularitas tanaman bajakah meledak di kalangan masyarakat.

Menanggapi riset tersebut, para ahli berpesan bahwa masih perlu penelitian lanjut sebelum bisa menyebut bajakah sebagai obat. Belakangan diketahui bahwa riset bajakah kini diteruskan oleh tim peneliti dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah didampingi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Iya kita sudah bekerja sama dengan pemda. Jadi kita akan dampingi karena bajakah sendiri ada 200 jenis, beberapa masuk kategori dilarang karena toksik," kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM, Mayagustina Andarini.

"Sekarang identifikasi dulu. Abis identifikasi kemudian uji toksisitas," tuturnya saat ditemui di acara Dialog Nasional BPOM daerah Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019).



Belum bisa dipastikan kapan bajakah dapat dijual di pasar sebagai obat fitofarmaka dengan izin resmi. Mayagustina menjelaskan setelah bajakah lulus uji praklinik masih ada uji klinik dengan binatang dan manusia yang harus dilewati.

"Kita cuma dampingi aja kalau udah siap ayo. Soalnya yang punya program Pemda Kalteng, mereka yang punya roadmap," pungkasnya.

Obat fitofarmaka sendiri adalah sebutan untuk obat herba yang sudah terbukti secara klinis. Biasanya obat fitofarmaka dikembangkan dari jamu tradisional masyarakat yang kemudian diteliti lebih lanjut.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?