Selasa, 13 Agu 2019 18:36 WIB

Vabyo Terserang Stroke di Usia 35, Polusi Udara Juga Bisa Jadi Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Polusi udara menjadi salah satu penyebab stroke. Foto: Rachman Haryanto Polusi udara menjadi salah satu penyebab stroke. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Di usia yang terbilang muda, penulis serta pencipta lagu, Valiant Budi alias Vabyo terserang penyakit stroke hemorganik. Stroke jenis ini disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak bagian kiri, hingga meracau dan ingatannya 'terhenti' di tahun tertentu.

Dari berbagai penyebab stroke, ternyata polusi udara juga bisa menjadi penyebabnya. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Univerisitas Indonesia, dr Dian Zamroni, SpJP, FIHA, mengatakan polusi udara bisa menjadi penyebab penyakit jantung hingga stroke. Hal ini disebabkan karena radikal bebas yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

"Polusi udara bisa menyebabkan penyakit jantung, merusak pembuluh darah, dan menyebabkan stroke, meskipun secara tidak langsung. Ketika radikal bebas terhirup, itu akan merusak pembuluh darah. Setelah dirusak, kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh kita akan menumpuk di berbagai lokasi. Jika kadar kolesterol tersebut menumpuk pada otak, terjadilah stroke," jelas dr Dian Zamroni saat di temui di RS Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Selasa (13/2/2019).



dr Dian mengatakan, penyakit jantung merupakan pusat dari segala penyakit yang ada di tubuh. Gejala seperti mual, pusing, dan gejala-gejala lainnya menyerupai gejala masuk angin bisa jadi itu gejala serangan jantung dan stroke. Itu harus langsung diperiksakan ke dokter.

"Banyak gejala penyakit serius yang dianggap sebagai 'masuk angin' sering dipandang biasa saja. Ketika sudah merasa mual, pusing, pegal-pegal, sering disalahartikan dan dibiarkan saja. Di situlah kita suka 'kecolongan'," ujarnya.

Melihat hal itu, dr Dian terus menganjurkan untuk melakukan medical check up jika tubuh sudah merasa tidak baik. Menjaga pola hidup yang baik dan seimbang serta istirahat dengan cukup agar terhindar dari stress. Ia berharap, gejala yang sering bikin 'kecolongan' ini bisa teratasi dengan baik.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)