Jumat, 16 Agu 2019 19:45 WIB

Jenis Akar Bajakah untuk Kanker Payudara Masih Rahasia, Kapan Diungkap?

Michelle Natasya - detikHealth
Jenis yang diteliti sebagai 'obat' kanker payudara masih dirahasiakan, lapak-lapak online sudah gencar menawarkan akar bajakah (Foto: detikHealth)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?
Jakarta - Jenis Bajakah yang digunakan anak-anak Palangkaraya dalam risetnya masih menimbulkan tanda tanya. Bajakah sendiri terdiri dari banyak jenis dan anak-anak Palangkaraya masih belum mau membuka spesifikasi jenis Bajakah yang digunakan.

"Yang pasti, dari pihak kami, Bajakah yang dipakai dalam riset anak-anak masih dirahasiakan," kata Kepala Sekolah SMAN 2 Palangkaraya, Mi'razulhaidi, saat ditemui detikHealth di Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Yazid, salah satu dari 3 siswa SMAN Palangkaraya yang melakukan riset akar Bajakah untuk kanker payudara, berharap agar pemerintah mendukung pengembangan riset Bajakah supaya bisa disebarluaskan. Namun, pihaknya hanya mau membuka jenis Bajakah untuk pengembangan riset jika pemerintah memiliki tujuan untuk kemanusiaan.

Kita lihat dulu tujuannya apa. Kita lihat ke depan yang penting tujuannya untuk manusia. Demi kemanusiaan. Jangan sampai disalahgunakanDaldin - Ayah Yazid


"Tergantung. Kita lihat dulu tujuannya apa. Kita lihat ke depan yang penting tujuannya untuk manusia. Demi kemanusiaan. Jangan sampai disalahgunakan," kata Daldin, ayah Yazid, saat ditanya mengenai kemungkinan pihaknya membuka jenis Bajakah yang membuat banyak orang penasaran.

Sebelumnya, memang dikatakan bahwa adanya kekhawatiran jika jenis Bajakah yang digunakan anak-anak disebarluaskan. Pihak keluarga dan sekolah takut jika Bajakah dieksploitasi pihak-pihak untuk memperoleh keuntungan dan membahayakan hutan mereka.

"Kalau dipakai terus kan ya tetap aja akan habis dibabat orang," kata Zul.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Bajakah Tanaman Apa?