Selasa, 27 Agu 2019 10:06 WIB

Videonya Saat Kejang 'Kecanduan Game' Viral, Pasien Tertekan Masuk RS Jiwa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi tertekan. Foto: iStock Ilustrasi tertekan. Foto: iStock
Jakarta - Sebuah video viral menunjukkan seorang bocah kejang-kejang atau bergerak tidak terkontrol. Seseorang dalam video tersebut mengatakan itu karena kecanduan game Mobile Legend.

Pihak keluarga telah mengklarifikasi, bocah yang diketahui berinisial U tersebut adalah pengidap gangguan saraf Hemiballimus. Perekam dan penyebar video viral tersebut juga telah meminta maaf karena tidak menyayangkan dampaknya akan meluas.

Namun demikian, dampak viralnya video ini telah dirasakan keluarga. Si pasien tertekan, dan keluarga merasa dirugikan karena informasi yang salah.



"Saya takut adik saya semakin tertekan lagi dengan videonya yang beredar luas. Keluarga ingin membersihkan namanya agar tidak terkena bully atau semacamnya yang mungkin bisa sangat berpengaruh," kata Desy, kakak sepupu U, pada detikHealth, Senin (26/8/2019).

Saat ini, U dirawat di RS Jiwa Magelang, Jawa Tengah. Kondisi kejiwaannya sebenarnya normal. Ia dirawat oleh dokter spesialis saraf dan didampingi oleh psikiater.

"Dia bisa makan sampai sholat seperti biasa. Tujuannya didampingi psikiater untuk mensupport agar dia tidak tertekan lagi nantinya," jelas Desy.



Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)