Rabu, 28 Agu 2019 16:30 WIB

Komentar Dokter Mata Soal Viral Lensa Kontak Meleleh Saat Memanggang

Firdaus Anwar - detikHealth
Lensa kontak bisa meleleh saat memanggang? (Foto: Thinkstock) Lensa kontak bisa meleleh saat memanggang? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Di media sosial beredar kabar ada orang yang jadi buta karena lensa kontak meleleh saat sedang memanggang barbeque. Orang-orang diimbau melepas lensa kontak bila dekat sumber api agar kejadian yang sama tidak terulang.

"Jadi tolong beri tahu teman-teman Anda di sekitar barbeque dan dekat sumber api, tolong jangan memakai lensa kontak!" kutipan pesan viral yang dibagikan salah satu pengguna Facebook.


Terkait hal tersebut dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere menegaskan bahwa kabar tersebut hoax. Meski terbuat dari bahan plastik lensa kontak tidak mudah meleleh hanya dengan menatap atau berada dekat api.

"Lensa kontak tidak segampang itu terbakar apalagi kalau hanya melihat api. Sama seperti kacamata plastik titik lelehnya itu tinggi," kata dr Zeiras pada detikHealth, Rabu (28/8/2019).

"Tapi mungkin orang bisa jadi enggak nyaman karena asap dari bakarnya itu bikin iritasi. Lensa kontak sendiri bikin mata kering terus kena asap tambah kering sehingga rasanya enggak enak," lanjutnya.

Untuk menghindari masalah tersebut dr Zeiras menyarankan agar seseorang mengganti lensa kontak dengan kacamata atau memakai obat tetes air mata buatan saat memanggang.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)