Jumat, 30 Agu 2019 13:52 WIB

Soal Sixth Sense, yang Disinggung di Kisah Viral KKN Desa Penari

Rosmha Widiyani - detikHealth
Viral kisah mistis KKN Desa Penari sempat menyinggung soal sixth sense. Foto: Istimewa/iStock Viral kisah mistis KKN Desa Penari sempat menyinggung soal sixth sense. Foto: Istimewa/iStock
Jakarta - Twitter masih ramai membicarakan kisah mistis KKN Desa Penari. Cerita horor yang mengundang rasa takut ini ternyata bikin penasaran.

Seorang tokoh dalam cerita tersebut dikisahkan punya sixth sense, terkait yang akan terjadi di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Firasat ini sangat kuat hingga sang tokoh melihat berbagai hal yang seolah melarang datang ke desa.


Menanggapi kisah viral tersebut, dokter ahli bedah saraf dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, mengatakan secara medis sixth sense sebetulnya tidak dikenal. Indera keenam yang kerap disebut sebagai firasat sesungguhnya adalah hal yang bersifat halusinasi.

"Indera kita sebetulnya malah ada 9 yaitu penciuman, pendengaran, perasa, penglihatan, pengecap, mengetahui getar, panas, posisi, dan nyeri. Karena itu mana yang lantas disebut indera keenam? Inilah kenapa indera keenam disebut halusinasi," kata dokter yang disapa dr Ryu pada detikHealth.

Hal serupa terjadi pada segala yang seolah dilihat, didengar, dicium, atau dirasakan padahal sebetulnya belum tentu ada. Dengan kondisi yang belum tentu nyata, dr Ryu menyarankan tidak terlalu tenggelam pada firasat atau sixth sense. Fokus dan perhatian sebaiknya dipusatkan pada hal nyata yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)