Jumat, 30 Agu 2019 15:18 WIB

Saran Dokter Supaya Cerita KKN Desa Penari yang Viral Tak Bikin Takut

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi takut yang biasa muncul usai baca cerita miteri misal KKN Desa Penari. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi takut yang biasa muncul usai baca cerita miteri misal KKN Desa Penari. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Takut, gelisah, dan cemas kerap muncul usai membaca cerita misteri, salah satunya KKN Desa Penari. Namun kisah mistis yang sedang viral ini justru menarik dan bikin penasaran.

Menurut dokter ahli bedah saraf dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, rasa takut sebetulnya tidak perlu muncul. Apalagi cerita misteri tersebut belum tentu benar.

"Rasa takut muncul karena kita percaya. Jika kita tidak percaya maka kita tidak takut. Karena cerita tersebut belum tentu benar dan ada kemungkinan halusinasi, maka sebetulnya tidak perlu takut," kata dokter yang kerap dipanggil dr Ryu pada detikHealth.


Halusinasi sendiri bisa terjadi dalam keadaan sadar dan tidak. Halusinasi dalam kondisi sadar misalnya merasa melihat, mendengar, atau mencium hal yang sesungguhnya tidak ada. Sedangkan halusinasi dalam kondisi tidak sadar adalah mimpi, misal melihat hantu atau bertemu yang sudah meninggal.

Dalam kondisi ini juga mungkin menimbulkan takut, gelisah, dan rasa tidak nyaman yang lain. Namun jangan sampai tenggelam atau terlalu fokus pada halusinasi, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau menurunkan produktivitas.



Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)