Jumat, 13 Sep 2019 19:15 WIB

Hoax! Broadcast BJ Habibie Donorkan Kornea ke Thareq Habibie Tidak Benar

Firdaus Anwar - detikHealth
Contoh informasi hoax yang beredar terkait mata Thareq Habibie. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Contoh informasi hoax yang beredar terkait mata Thareq Habibie. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Putra mendiang BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menarik perhatian karena penampilannya yang selalu memakai penutup mata. Beredar kabar viral bahwa ia menerima transplantasi kornea dari sang ayah yang terdaftar jadi donor.

"_*Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.*_
_*Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sdh mengambil kornea mata Alm BJ Habibie.*_ _*Operasi kornea tdk harus sampai mencongkel biji mata.*_" tulis pesan yang viral di Facebook.


Kakak Thareq, Ilham Habibie, menegaskan kabar viral tersebut tidak benar. Thareq memakai penutup mata bukan karena operasi transplantasi melainkan akibat masalah glaukoma yang diidap karena sakit gula.

"Oh tidak. Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan donor mata. Itu bukan kornea itu masalah di belakang di retina," kata Ilham di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Dihubungi secara terpisah ahli kesehatan mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere menjelaskan bahwa glaukoma adalah kondisi kerusakan saraf biasanya karena tekanan tinggi bola mata. Ini berarti transplantasi kornea sama sekali tidak bisa memperbaiki penglihatan seorang pasien bila saraf sudah terlanjur rusak.

"Anggap mati lampu. Kalau lampu rusak tapi listrik masih bagus, diganti bola atau korneanya ya bisa. Tapi kalau dari syaraf atau listriknya rusak, ganti kornea atau lampu enggak ada gunanya," pungkas dr Zeiras.



Simak Video "Kisah Inspiratif Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)