Sabtu, 14 Sep 2019 08:01 WIB

Penutup Mata Seperti Dipakai Thareq Habibie Juga Bisa untuk Terapi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penutup mata yang digunakan Thareq Habibie disebut oklusi. Foto: Antara Foto Penutup mata yang digunakan Thareq Habibie disebut oklusi. Foto: Antara Foto
Jakarta - Dokter mata dari Jakarta Eye Center, dr Florence Meilani Manurung, SpM, mengatakan sebutan medis untuk penutup mata seperti yang digunakan oleh Thareq Habibie adalah oklusi. Oklusi medus digunakan juga oleh mereka yang mengidap mata malas atau ambliopia.

Ambliopia adalah gangguan mata seperti penurunan tajam penglihatan karena adanya gangguan perkembangan penglihatan. Mata sebenarnya sehat, tetapi sesuatu telah terjadi yang menyebabkan penglihatan berhenti berkembang dengan baik, atau bahkan memburuk.



Mengutip nhs.uk jika mata malas memiliki kesalahan fokus, maka diperbaiki dengan kacamata terlebih dahulu. Namun, jika penglihatan tetap berkurang atau jika tidak diperlukan kacamata, maka terapi oklusi dapat dilakukan untuk meningkatkan penglihatan pada mata malas.

"Penggunaan oklusi biasanya pada anak usia 6-12 tahun yang memiliki indikasi mata malas," demikian dikutip situs tersebut.

Walau biasanya kondisi ini dialami oleh anak, bukan tak mungkin dewasa juga bisa mengidap penyakit ini. Sangat penting bahwa pemakaian oklupasi harus dilakukan persis seperti yang diperintahkan.



Simak Video "Bayi Ini Akhirnya Bisa Lihat Ibunya Setelah Pakai Kacamata Khusus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)