Senin, 16 Sep 2019 19:05 WIB

Tanggapan Kocak Netizen Soal Viral Pantyliner Dijadikan Masker

Firdaus Anwar - detikHealth
Masker yang dilapisi pantyliner. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Masker yang dilapisi pantyliner. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Di media sosial beredar informasi yang menyebut pantyliner bisa dipakai untuk melapisi masker. Tujuannya agar masker jadi lebih efektif menghalau polusi udara.

Di Twitter contohnya satu unggahan oleh akun @khairul_hafidz ramai dikomentari netizen mengundang 526 like dan 1,3 ribu retweet. Ia mengaku mendapat informasi ada yang menyarankan menempelkan panty liner di masker untuk melawan kabut asap.

Netizen memberikan berbagai macam komentar. Beberapa di antaranya ada yang setuju, tapi ada juga yang tidak.


"Yang penting jangan pakai pantyliner bekas pakai.... Bisa pusing ntar...." kata satu detikers Saleh Jujur.

"Padahal BH busa nya juga lumayan tebel, kenapa harus pantyliner wkwkkwwk" tulis satu pengguna Facebook.

"Itu kreatif...atau kereaktif ya.." balas pengguna lainnya.

Menurut ahli kesehatan paru-paru dr Rezki Tantular, SpP, dari RSUD Saiful Anwar Malang pantyliner tidak tepat digunakan sebagai lapisan tambahan pada masker. Alasannya karena pantyliner tidak didesain untuk menyaring udara.

"Pantyliner bukan untuk penyaring udara, yang disarankan adalah jenis masker N95. Namun pemakaian N95 harus sesuai juga. Kalau tidak pas ya fungsinya engga optimal, kalau pas bisa menyaring hingga 95 persen partikel halus," kata dr Rezki yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Humas Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)