Minggu, 22 Sep 2019 23:35 WIB

Efeknya Fatal Bagi Jantung, Ramuan Kopi Campur Obat Impotensi Tak Disarankan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kopi perkasa berdampak bagi kesehatan jantung (Foto: thinkstock) Kopi 'perkasa' berdampak bagi kesehatan jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta - Ramainya kopi dalam kemasan yang dicampur dengan obat jantung, seperti kopi 'perkasa' yang baru-baru ini muncul kembali. Kombinasi ini dapat membahayakan kesehatan, bahkan mengancam nyawa orang yang mengkonsumsinya.

Dokter ahli jantung dan pembuluh darah sekaligus Wakil Sekjen PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia), dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA, mengatakan kombinasi kedua bahan tersebut memang tidak lazim. Sildenafil sendiri merupakan obat yang diberikan pada kasus penyakit jantung tertentu.



Efek umum dari sildenafil ini dapat menimbulkan pelebaran pembuluh darah di seluruh tubuh. Untuk kafein, lanjutnya, memberikan efek yang dapat meningkatkan vitalitas, adrenalin dan dapat meningkatkan irama jantung. Jika kedua hal ini dikombinasikan mungkin dapat memberikan efek yang tidak nyaman bagi tubuh.

"Efek yang disebabkan oleh kombinasi bahan tersebut barangkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman, dan campuran ini memang tidak lazim," ujar dr Ario pada detikcom, Minggu (22/9/2019).

dr Ario juga tidak pernah menyarankan mengkonsumsi obat jantung bersamaan dengan kafein. Ini karena beberapa obat jantung memberikan efek meningkatkan irama jantung, baik mempercepat ataupun memperlambat.

"Kita tidak mengaharapkan ada efek dari zat lain yang bisa mempengaruhi efek dari obat jantung yang diberikan. Selain itu, kita biasanya tidak menyarankan mengkonsumsi obat bersamaan dengan kopi. Apalagi, kandungan kafein dalam kopi juga tidak bisa diperkirakan efeknya pada tubuh juga," jelasnya.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)