Rabu, 25 Sep 2019 10:01 WIB

Punya Tubuh Pendek Punya Risiko Lebih Tinggi Idap Diabetes Tipe 2

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tubuh pendek berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Foto: Getty Images Tubuh pendek berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Foto: Getty Images
Jakarta - Studi baru menunjukkan orang yang punya tubuh pendek memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang memiliki postur tinggi. Peneliti ini menganalisa informasi dari ribuan orang yang menjalani pemeriksaan fisik dan tes darah selama sekitar 7 tahun.

Mereka menemukan setiap peningkatan tinggi badan sebesar 4 inci atau sekitar 10 cm dikaitkan dengan risiko penurunan diabetes tipe 2 sekitar 41 persen pada pria dan 33 persen di wanita. Temuan ini dinyatakan efektif bahkan setelah memperhitungkan faktor seperti usia, lingkar pinggang, tingkat aktivitas fisik, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Meski demikian, hasil studi juga menunjukkan bahwa orang dengan perawakan lebih pendek cenderung memiliki kadar lemak yang lebih tinggi di hati dan menjadi penjelasan adanya peningkatan risiko diabetes tipe 2.



"Orang yang punya badan lebih pendek harus dimonitor secara ketat untuk faktor risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular," tulis penulis penelitian dalam studi yang diterbitkan pada jurnal Diabetologia.

Selain itu, peneliti berasumsi jalur biologis yang mempengaruhi tinggi badan seseorang juga mempengaruhi risiko diabetes tipe 2 melalui efek pada metabolisme lemak.

"Temuan kami menunjukkan bahwa orang pendek mungkin hadir dengan tingkat faktor risiko kardiometabolik yang lebih tinggi dan memiliki risiko diabetes lebih tinggi dibandingkan dengan orang tinggi," catat penulis.

Lebih lanjut, peneliti juga menemukan bahwa memiliki kaki yang panjang dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2, terutama pada pria.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)