Selasa, 15 Okt 2019 16:47 WIB

Ingat! Tisu Magic Bikin Mati Rasa, Bukan Berarti Bisa untuk Merawat Luka

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tisu magic sering dipakai untuk merawat luka, namun dokter mengatakan itu tidak tepat. (Foto: iStock) Tisu 'magic' sering dipakai untuk merawat luka, namun dokter mengatakan itu tidak tepat. (Foto: iStock)
Jakarta - Tisu magic kembali menjadi sorotan karena disebut-sebut dalam kasus pembunuhan PSK (Pekerja Seks Komersial) Online di Karawang, Kabupaten Bekasi. Tisu yang bisa ditemukan dalam jaringan swalayan ini, kerap dijual bersama berbagai jenis alat kontrasepsi.

Fungsi tisu magic ternyata tidak cuma memberi rasa baal atau kebas saat berhubungan seksual. Dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu, seorang netizen menggunakan tisu magic untuk perawatan luka bakar.

"Aku pernah pakai sih, tapi P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) buat luka. Kebetulan pas latihan di gunung nggak ada P3K, adanya itu. Buat luka bakar, sakitnya jadi berkurang sih," kata Rama (33).



Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis kulit dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali mengatakan tisu magic tidak cocok untuk perawatan luka. Tisu magic juga tidak cocok untuk membersihkan luka.

"Sifatnya bukan antiseptik atau pembunuh kuman tapi analgetik/anestesi atau membuat mati rasa. Jadi tidak tepat kalau untuk membersihkan luka," kata dr Darma.

Luka mungkin terasa lebih baik usai diusap dengan tisu magic. Namun perasaan tersebut muncul karena sensasi mati rasa dari tisu magic, bukan dikarenakan adanya perbaikan atau penyembuhan pada luka.



Simak Video "Sebelum Dioperasi, Aria Permana Diperiksa di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)