Rabu, 16 Okt 2019 13:30 WIB

Banyak Anak Kecanduan Gadget, Instagram Medsos Terburuk Bagi Kesehatan Mental

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mudahnya anak mendapat akses teknologi dan internet membuat mereka jadi kecanduan gadget. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - RS JiwaCisarua, Jawa Barat melaporkan mereka menangani ratusan pasien anak-anak berusia 7-15 tahun yang mengalami gangguan kecanduan gadget.

"Ada remaja yang menonton YouTube seharian hingga muncul gejala psikologis," tutur Sub spesialis kesehatan jiwa anak dan remaja, dr Lina Budiyanti, kepada detikcom.

Padahal kecanduan gadget bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental anak. Mudahnya anak mendapat akses teknologi dan internet membuat mereka jadi kecanduan gadget hingga bisa alami masalah mental.

Penelitian oleh Royal Society for Public Health di Inggris meneliti 1.500 orang dengan usia 14-24 tahun untuk melihat media sosial mana yang membuat mereka merasa lebih tenang. Beberapa platform media sosial yang dijadikan tolok ukur adalah Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dan Snapchat.


Studi tersebut mempelajari apa yang dirasakan responden melalui gambar atau foto di media sosial tersebut dan dampaknya pada kesehatan mental. Berdasarkan penelitian tersebut, Instagram dinilai paling buruk bagi kesehatan mental disusul Snapchat di peringkat kedua.

"Sangat menarik melihat Instagram dan Snapchat sebagai medsos terburuk bagi kesehatan mental. Kedua aplikasi ini tampaknya mendorong perasaan cemas pada anak muda," kata Dr Becky Inkster, peneliti di University of Cambridge.

Saat ini, pihak peneliti menginginkan adanya tindakan dari pemerintah dan perusahaan media sosial tersebut untuk mengkampanyekan bijak menggunakan medsos sambil memitigasi potensi negatif yang bisa timbul dari platform tersebut.



Simak Video "BNPB Minta Ulama-Tokoh Publik Bantu Kampanye soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)