Jumat, 18 Okt 2019 13:40 WIB

Soal Liquid Vape Berisi Narkoba, Vaper: Jangan Salahkan Vapenya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Liquid berisi narkoba, vaper mengatakan jangan salahkan vapenya.Foto ilustrasi: iStock Liquid berisi narkoba, vaper mengatakan jangan salahkan vapenya.Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Artis Vicky Nitinegoro sempat diamankan pihak kepolisian karena cairan atau liquid vapenya diduga mengandung narkoba. Namun, setelah diperiksa, liquid tersebut milik temannya dan terbukti mengandung narkotika golongan 1 atau gorila.

Menurut keterangan Kasatreserse Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf beberapa waktu lalu memang ada liquid yang mengandung narkotika golongan satu sama seperti zat pada tembakau gorila.

Hal ini ditanggapi oleh penasehat Asosiasi Vaper Indonesia, Dimasz Jeremia. Ia mengatakan, penyalahgunaan tersebut tidak ada kaitannya dengan vape.

"Ya kalau itu penyalahgunaan narkoba, apa hubungannya sama vape. Jelas itu nggak ada hubungannya," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (18/10).



Ia menjelaskan, yang menjadi masalah adalah narkoba tersebut ditemukan dalam vape. Sementara narkoba jenis gorila itu sudah ada jauh sebelumnya, dan dalam bentuk tembakau yang biasanya digunakan pada rokok.

"Karena ini ditemukan dalam vape, pemerintah juga ikut ngomong, ya orang jadi makin takut vaping karena ada narkoba itu, padahalkan nggak. Para vaper tahu kalau vape itu aman karena sudah menggunakannya," jelas Dimasz.

Dimasz mengatakan, jika vaping digunakan secara normal, malah bisa membantu banyak orang yang perokok untuk beralih untuk kesehatannya. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa dirinya lebih sehat setelah beralih dari rokok ke vape.

"Banyak orang yang bilang kalau mereka lebih sehat setelah beralih ke vape sambil membawa hasil rontgennya, tapi apa pemerintah pernah ngomong soal itu? Nggak," tegasnya.

Dimasz mengibaratkan pemerintah melihat narkoba yang ada dalam vape seperti ungkapan "ada benalu di pohon, tapi pohonnya yang ditebang". Ia menginginkan pemerintah harus menindak dari sisi narkobanya tanpa mengaitkan dengan vape yang dapat berbahaya.


Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)