Kamis, 31 Okt 2019 15:18 WIB

Dikira Kembung Biasa, Ternyata Wanita Ini Terserang Kanker Usus

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Disangka kembung, ternyata kanker usus (Foto: thinkstock) Disangka kembung, ternyata kanker usus (Foto: thinkstock)
Jakarta - Zu Rafalat, wanita dari Finsbury Park, London merasakan perut kembung yang terlihat sebesar kehamilan usia 6 bulan. Setelah dicek, dokter menyatakan bahwa dia mengalami kanker usus stadium empat.

Wanita berusia 38 tahun tersebut mengira dirinya mendapat gastroenteritis atau muntaber saat tengah liburan di Desember 2018, mengutip dari Daily Mail. Zu bahkan sampai memutuskan untuk membeli jeans khusus ibu hamil.

Ketika diperiksakan ke dokter, CT scan memperlihatkan adanya benjolan di indung telur. Benjolan itu lalu mengganas menjadi kanker usus dan menyebar ke organ lain. Dokter terpaksa harus mengangkat rahimnya untuk mengurangi sel kanker.

"Aku selalu sehat dan fit seumur hidupku dan enggak pernah mengira bakal kena kanker usus di usia yang muda," ujarnya.



Dia kemudian menjalani serangkaian pengobatan termasuk kemoterapi dan berharap bisa menjalankan kebiasaan lamanya yang sehat, yakni berjalan kaki 10 ribu langkah setiap hari serta melakukan yoga.

Kanker usus sendiri dapat terjadi pada semua usia, meskipun rata-rata dialami oleh orang-orang berusia di atas 50 tahun. Setiap tahunnya ada sebanyak 42 ribu orang yang menderita kanker usus di Inggris.



Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)