Sabtu, 02 Nov 2019 12:44 WIB

Tidak Hanya Untuk Diet, Ini Manfaat Lain dari Hipnoterapi

Nurul Khotimah - detikHealth
Hipnoterapi bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. (Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi) Hipnoterapi bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. (Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi)
Jakarta - Salah satu manfaat hipnoterapi adalah untuk diet. Metode diet ini dilakukan dengan memprogram pikiran agar bisa menahan atau mengelola pola hidup sehat. Memberi ide/sugesti baru untuk ditanamkan di alam bawah sadar yang selanjutnya diterapkan dalam keseharian.

Tak hanya untuk diet, metode terapi ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk parenting. Menurut praktisi hipnoterapi Irwan Sujarwo, hipnoterapi bisa digunakan untuk proses melatih anak dalam proses pembelajaran. Dengan teknik ini dipercaya anak akan lebih mudah menerima hal baru untuk diterapkan.


Selain itu, metode ini juga memiliki peran dalan dunia kesehatan. Tahapan relaksasi yang ada dalam metode ini sangat dibutuhkan untuk pasien agar lebih nyaman menjalani pengobatan. Dengan mengelola alam bawah sadar pasien akan lebih mudah dalam proses penyembuhannya.

"Nah kalo untuk di dunia kesehatan, ya untuk membantu para pasien leih nyaman, mengurangi rasa sakit. Jadi pasien disuntik itu gak sakit. Nah itu kalo di dunia kesehatan," ujar Irwan.

Pada prinsipnya metode ini tidak merubah bentuk apapun hanya saja mengelola pikiran untuk konsisten dalam hal yang lebih baik. Dalam diet pun, hipnoterapi bukanlah metode untuk langsung merubah seseorang menjadi kurus atau langsing. Namun, metode ini digunakan untuk mendorong perilaku seseorang yang perlu diubah.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)