Sabtu, 02 Nov 2019 17:10 WIB

Pengalaman Buruk dengan Makanan Bisa Hambat Diet Hipnoterapi

Nurul Khotimah - detikHealth
Ilustrasi trauma makanan yang bisa menghalangi hipnoterapi. Foto: Thinkstock Ilustrasi trauma makanan yang bisa menghalangi hipnoterapi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kunci sukses metode hipnoterapi adalah olah pikir. Dengan mengolah pikiran, ide atau gagasan baru akan lebih mudah diterapkan. Mensugesti otak untuk melakukan hal yang perlu dilakukan merupakan keberhasilan metode ini.

Namun, dalam praktiknya ada saja hal yang bisa menghambat proses mengelola pikiran ini. Bukan hanya karena kurang relaks atau sulit fokus. Pengalaman masa lalu yang mengerikan terkadang membuat terapi diet ini menjadi lebih sulit dan lama.


Irwan Sujarwa, praktisi hipnoterapi, menjelaskan, setiap orang memiliki sugestibility yang berbeda-beda. Untuk itu, ketika seseorang yang mudah masuk ke alam bawah sadarnya sugesti akan cepat diterima. Namun sebaliknya jika sulit masuk ke alam bawah sadar karena masalah tertentu.

Maka dapat dikatakan penghambat dari metode ini adalah seberapa besar masalah yang dimiliki tiap orangnya. Seperti pengalaman masa lalu yang buruk tentang makanan bisa jadi akan lebih sulit menerima sugesti.

"Atau ada juga yang tadi yang sulit sekali berubah karena ada pengalaman di masa lalu, trauma itu yang butuh beberapa kali terapi untuk pulih," pungkas Irwan.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)