Senin, 04 Nov 2019 18:01 WIB

Tahapan Operasi Pemisahan Kembar Siam Ardi-Ardan di RSAB Harapan Kita

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tim dokter RSAB Harapan Kita (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth) Tim dokter RSAB Harapan Kita (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta - Bayi kembar siam asal Kota Tangerang, Ardi Firdaus dan Ardan Firdaus, direncanakan melakukan operasi pada Sabtu (16/11/2019) pukul 06.00 WIB. Tindakan pemisahan ini akan dilakukan di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta Barat.

Tahapan operasi ini akan berjalan sangat lama. dr Alexandra, SpBA, ketua tim penanganan pasien Ardi-Ardhan ini mengatakan, pemasangan infus butuh waktu hingga beberapa jam.

"Pertama, bayi itu kita akan bius dan dipisahkan infus di beberapa tempat. Kalo bius anak yang telentang itu mudah. Tapi, ini kan harus miring, nah itu tantangannya. Itu kita siapkan waktu hingga beberapa jam," jelasnya pada detikcom saat konferensi pers di RSAB Harapan Kita, Senin (4/11/2019).



dr Alex mengatakan, karena melibatkan banyak tim, dokter bedah anak menjadi yang pertama untuk menangani pasien ini. Selanjutnya, diikuti tim bedah toraks hingga tahapan memisahkan hati.

"Nah, tahapan memisahkan hati ini yang penuh tantangan. Setelah itu dilewati dengan baik, tinggal menutup perut yang akan dilakukan oleh tim bedah plastik," imbuhnya.

Proses yang akan dilalui anak kedua dari pasangan Hesti Novianti dan Berry ini dilakukan secara bertahap. Diperkirakan akan memakan waktu maksimal 16 jam.

"Itu perkiraan maksimalnya. Tapi mudah-mudahan tidak sampai 16 jam ya. Kalau tidak terlalu lama, kan juga baik juga untuk bayinya," kata dr Alex.



Simak Video "Sambut Bahagia Kelahiran Bayi Kembar 3 di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)