Rabu, 06 Nov 2019 11:58 WIB

Bisa Bikin Usus Gembung, Ini Penyebab Susah Kentut Meski Banyak Gas di Perut

Michelle Natasya - detikHealth
Susah kentut ternyata berbahaya (Foto: Thinkstock) Susah kentut ternyata berbahaya (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Derita Susah Kentut
Jakarta - Postingan dr Gia Pratama soal usus besar yang penuh dengan gas, viral di media sosial Twitter. Pantauan detikcom postingan tersebut sudah di re-tweet sebanyak 14 ribu kali dengan jumlah likes hampir 19 ribu.

"Ini adalah Usus besar yang penuh dengan gas, karena terpuntir di segmen descenden, dalam sebuah kondisi yang disebut Volvulus. Ga usah menunggu kaya, bisa kentut lega setiap hari tanpa hambatan sudah merupakan kenikmatan yang pantas kita syukuri," tulis dokter Gia pada akun Twitternya, Selasa (5/11/2019).





Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, ahli pencernaan sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang susah kentut.

"Orang susah kentut bisa karena sumbatan. Bisa juga karena paralitik usus akibat obat diare jadi ususnya gak bergerak. Atau bisa juga karena ada pelengketan. Jadi banyak faktor kenapa orang gak bisa kentut," sebutnya saat dihubungi detikcom, Rabu (6/11/2019).

Dokter berpesan kalau memang kondisi ini ditemui, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Memang terkesan sepele, namun menurut dokter susah kentut ini bisa berpengaruh pada kualitas hidup seseorang.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Derita Susah Kentut