Kamis, 07 Nov 2019 06:30 WIB

Begah Tapi Susah Kentut? 5 Gerakan Yoga Ini Bisa Mengatasinya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Salah satu gerakan yoga untuk me-release gas di saluran pencernaan (Foto: thinkstock) Salah satu gerakan yoga untuk me-release gas di saluran pencernaan (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Derita Susah Kentut
Jakarta - Bersyukurlah kalau kalian masih bisa merasakan buang angin. Sebab, kentut menandakan tubuh kita sedang sehat. Lalu apa yang harus dilakukan jika perut kembung tapi tidak kunjung kentut?

Keluhan ini ternyata bisa diatasi dengan gerakan-gerakan yoga, loh. Dikutip dari Healthline, pose-pose yoga ini sebaiknya dilakukan dengan atur napas yang benar supaya hasilnya maksimal.



1. Pose Keluarkan Angin (Pawanmuktasana)

PawanmuktasanaPawanmuktasana Foto: iStock


Berbaring dengan telentang, tekuk kaki ke arah perut, lalu tarik dengan kedua tangan seperti gerakan mencium lutut. Pose ini membantu membuat otot perut, pinggang, dan pantat jadi lebih rileks.

Tahan pose tersebut selama 20 detik dan dapat ditambah sampai 1 menit. Supaya nyaman, Anda bisa letakkan kepala di lantai. Bisa juga divariasikan dengan hanya menggunakan 1 kaki saja.

2. Child pose (Balasana)

BalasanaBalasana Foto: iStock


Pose ini sama dengan cara bocah merangkak, hanya saja sedikit berbeda. Posisi lutut dibuat seukuran pinggang atau agak lebar, bentangkan tangan ke depan ketika tubuh menekuk di pinggang hingga dada ada di atas paha. Letakkan ubun-ubun di atas lantai. Atur tekanan saat perut 'jatuh' ke kaki, tahan selama 5 menit.

Untuk menambah tekanan pada abdomen, taruh kepalan tangan di salah satu sisi saat perut ke arah depan.

3. Duduk Bengkok ke depan (Paschimottanasana)

PaschimottanasanaPaschimottanasana Foto: iStock


Pose paschimottasana bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan membuat tubuh lebih rileks. Cara melakukannya, duduk tegak di atas matras dengan kaki lurus ke depan namun sedikit bengkok. Taruh kedua tangan di masing-masing sisi badan. Jaga pose tersebut selama 3 menit.



4 Pose Dua Lutut Putar Tulang belakang (Supta Matsyendrasana)

Supta MatsyendrasanaSupta Matsyendrasana Foto: iStock


Pose ini baik untuk memperbaiki pencernaan dengan pemijatan, stretching, dan toning untuk organ dalam. Berbaring telentang di atas matras, angkat lalu tekuk kaki hingga membentuk sudut 90 derajat. Kedua tangan membentang di masing-masing sisi. Gunakan tangan kanan untuk menekan lutut kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan lakukan pada sisi yang lain.

5. Pose Happy Baby (Ananda Balasana)

Ananda BalasanaAnanda Balasana Foto: iStock


Gerakan yoga yang ini merupakan stretching untuk bagian selangkangan dan punggung bawah. Fungsinya adalah untuk mengatasi stres dan menenangkan pikiran.

Gerakan ini dilakukan dengan tidur telentang lalu tekuk lutut sampai kedua telapak kaki menghadap ke langit-langit. Sementara itu tangan berada pada dua sisi luar kaki. Tarik. Jaga pose hingga 1 menit. Tangan boleh ada di atas paha atau kaki bagian bawah agar lebih nyaman.



Simak Video "Aqua Yoga, Pilihan Olahraga untuk Atasi Masalah Sendi Otot"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Derita Susah Kentut