Jumat, 08 Nov 2019 06:25 WIB

Pernah Cepirit Saat Kentut? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Susah kentut bisa picu konstipasi Foto: (Thinkstock) Susah kentut bisa picu konstipasi Foto: (Thinkstock)
Topik Hangat Derita Susah Kentut
Jakarta - Kentut adalah mekanisme alamiah untuk mengeluarkan gas dari dalam saluran pencernaan. Yang tidak normal adalah jika gas yang keluar saat kentut disertai juga dengan sedikit kotoran, atau disebut cepirit.

Pertama-tama, kenali dulu dari mana asal gas yang ada di saluran pencernaan. Selain masuk karena tertelan saat mengunyah dan berbicara, gas juga bisa diproduksi dari sistem pencernaan. Terlebih saat mengonsumsi makanan tertentu seperti brokoli dan kacang-kacangan.

Ketika sudah menumpuk di usus, gas akan keluar lewat saluran pembuangan yakni anus. Pada kondisi tertentu, sedikit kotoran bisa saja terbawa oleh gas yang keluar lewat anus.



Dikutip daru Healthline, berikut ini beberapa penyebab cepirit yang bisa dialami siapapun.

1. Infeksi
Infeksi bakteri maupun virus bisa memicu diare, yang artinya sisa makanan yang tidak dicerna akan keluar lebih cepat dari usus dan biasanya dalam wujud atau konsistensi cenderung cair. Karena cair, maka mudah sekali terbawa oleh gas yang keluar saat kentut.

2. Salah makan
Seperti halnya infeksi, salah makan juga bisa memicu diare. Konsistensi tinja jadi lembek atau bahkan cair, sehingga mudah keluar termasuk saat kentut.



3. BAB tidak tuntas
Jika cepirit terjadi tak lama setelah buang air besar (BAB), maka kemungkinan memang BAB-nya belum tuntas. Bisa jadi karena sembelit, bisa juga karena terburu-buru.

4. Penyakit dan efek samping obat
Beberapa masalah kesehatan memicu pergerakan usus yang lebih cepat, seperti Crohn's disease dan ulcerative colitis. Diare juga bisa muncul karena efek samping obat tertentu.

5. Stres
Tekanan fisik dan mental bisa memicu kram perut, yang membuat makanan di usus terdorong lebih kuat ke arah anus. Bila tak tertahankan, refleks kentut akan membuat sebagian kecil di antaranya terdorong keluar bersama gas pencernaan.



Simak Video "Penasaran Kenapa Bunyi Kentut Tiap Orang Beda?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Derita Susah Kentut