Rabu, 06 Nov 2019 20:00 WIB

Keluar Kentut Saat Tidur, Normalkah?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Kentut bisa saja muncul saat tidur. (Foto: thinkstock) Kentut bisa saja muncul saat tidur. (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Derita Susah Kentut
Jakarta - Saat tertidur, tubuh manusia biasanya beristirahat untuk menyiapkan hari esok. Tapi terkadang, ada suara-suara yang mencurigakan alias kentut, datang dari orang yang sudah tidur. Mengapa demikian?

Manusia memproduksi gas sebagai hasil dari mengkonsumsi makanan di saluran pencernaan. Gas tersebut terbentuk di usus besar, menurut Healthline. Bakteri yang ada di usus mengambil sejumlah gas, namun sisanya akan keluar lewat anus atau sendawa.


Kentut saat tidur bisa terjadi karena anus mengalami relaksasi sedikit ketika kadar gas naik. Hal tersebut membuat gas keluar secara tidak sadar.

Tetapi sebagian besar orang ternyata tidak menyadari dia kentut saat tidur. Suara kentut yang keras bisa saja membangunkannya yang belum terlalu nyenyak. Kejadian yang paling sering adalah orang lain memberitahunya kalau kentut di saat tidur.

Kemampuan anus saat manusia tidur hanya sampai pada kentut saja, tidak untuk buang air besar. Anus berelaksasi saat manusia tidur dan hanya mampu mengeluarkan gas dalam bentuk sedikit. Hal ini bisa dipengaruhi oleh hormon atau makanan berserat.



Simak Video "Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Derita Susah Kentut