Catat! Tanda-tanda Septic Tank Penuh, Harus Panggil Jasa Sedot WC

ADVERTISEMENT

Catat! Tanda-tanda Septic Tank Penuh, Harus Panggil Jasa Sedot WC

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 07 Nov 2019 18:08 WIB
Septic Tank (Blake David Taylor/iStockphoto)
Jakarta - Septic tank merupakan tempat menampung dan mengolah limbah yang ada di rumah hingga perkantoran. Namun kadang karena lokasi dan sifatnya beberapa di antara kita mungkin jarang memperhatikan kondisi septic tank sampai akhirnya terjadi masalah.

Satu hal yang bisa terjadi misalnya septic tank terlalu penuh hingga kemudian mampet membutuhkan jasa sedot WC. Nah menurut ahli ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan ketika septic tank ini bermasalah.



Peneliti Utama Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani, menjelaskan tanda pertama septic tank mungkin perlu disedot adalah bau menyengat. Dijelaskan bahwa bau datang akibat gas hidrogen sulfida (H2S) hasil proses penguraian alami bakteri.

"Tanda-tandanya mulai bau enggak karuan. Itu artinya septic tank enggak berfungsi, ya harus disedot terpaksa. Kalau enggak ya akan bau," kata Neni saat ditemui di daerah Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2019).

Hal berikutnya yang mungkin bisa diperhatikan adalah sampah-sampah atau limbah sulit untuk dialirkan saluran pembuangan atau kembali muncul dari saluran pembuangan. Ini jadi tanda bahwa saluran macet karena sudah penuh.

"Bisa juga itu nyembul lagi (limbahnya -red)," pungkas Neni.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Perawatan Septic Tank
Perawatan Septic Tank
14 Konten
Pada hari Senin (4/11/2019) seorang petugas sedot WC berinisial SI di daerah Cakung, Jakarta Timur, tewas karena septic tank yang ditanganinya meledak. Lantas, bagaimana sih sebenarnya perawatan septic tank yang baik dan benar?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT