Jumat, 08 Nov 2019 08:35 WIB

Inovasi Ramah Lingkungan, Enceng Gondok Jadi Soket Kaki Prostetik

Widiya Wiyanti - detikHealth
Soket kaki prostetik dari eceng gondok. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Soket kaki prostetik dari eceng gondok. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Tanaman eceng gondok merupakan tanaman yang kerap digunakan untuk kerajinan tangan seperti meja atau kursi. Namun oleh dosen Ortotik Prostetik dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I, Agusni dibuat menjadi soket kaki prostetik.

Kaki prostetik sangat dibutuhkan oleh orang dengan penyandang disabilitas. Dengan dibuat dari eceng gondok yang ramah lingkungan, diharapkan Agusni dapat membantu para difabel memiliki kaki prostetik dengan harga lebih murah dari harga pasaran saat ini.

"Pertama ini (eceng gondok -re) ramah lingkungan kan. Kalau carbon fiber kan ada sisa-sisa limbahnya, jadi sampah kan. Kedua kita juga memberdayakan masyarakat," ujarnya kepada detikcom saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Kamis (7/11/2019).


Eceng gondok yang digunakan Agusni didapat dari pengerajin-pengerajin di daerah Cipondoh, Tangerang. Para pengerajin itu yang membuat bahan untuk soket sebelum dikeraskan dengan menggunakan zat kimia resin.

Kaki prostetik dari eceng gondok.Kaki prostetik dari eceng gondok. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth


Soket kaki prostetik dari eceng gondok ini masih dalam tahap uji fleksibilitas oleh Universitas Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan akan diujikan kemampuan ketahanannya. Agusni berharap, inovasinya ini berhasil dan dapat diujikan pada pengguna kaki prostetik.

"Baru uji kelenturan kekuatan. Insyaa Allah tahun ini masih ada pengujian lagi tahan beban berapa, ujian beban," imbuhnya.

Inovasinya ini telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)