Agar Septic Tank Tak Lagi Makan Korban, Ini Saran dari Petugas Sedot WC

ADVERTISEMENT

Agar Septic Tank Tak Lagi Makan Korban, Ini Saran dari Petugas Sedot WC

Michelle Natasya - detikHealth
Sabtu, 09 Nov 2019 17:01 WIB
Ilustrasi septic tank yang bisa dicegah agar tidak meledak sesuai saran petugas sedot WC. Foto: Ilustrasi septic tank (Pixinoo/iStockphoto)
Jakarta - Seorang petugas sedot WC berinisial SI meninggal karena septic tank yang ditanganinya meledak pada Senin (4/11). Peristiwa itu terjadi di sebuah rumah warga bernama Agus di RT 16/03 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Saat itu SI menjatuhkan koran yang ia bakar ke lubang septic tank. Hal itu ia lakukan untuk memastikan sudah tidak ada gas dalam lubang tersebut.

Melihat kejadian ini, Ridwan (51), seorang pengelola sekaligus petugas sedot WC CV Indojasa Pratama Jakarta Barat, ikut memberikan komentar. Menurutnya kejadian tersebut merupakan human error.


"Di septic tank kan memang ada gas, lalu bakar koran. Api kena gas ya meledak jadinya. Itu sih memang ceroboh. Memang orang tuh pada tahu septic tank mengandung gas jadi nggak boleh," katanya pada detikcom, Jumat (8/11/2019).

Menurut Ridwan, ia tidak pernah menggunakan api untuk mengecek septic tank. Ia mengaku biasanya menggunakan senter atau galah untuk mengeceknya.

"Pakai senter juga kelihatan kok atau pakai galah. Galah ini ya taruh aja dalam septic tank terus lihat aja ujungnya kalau kering ya berarti kosong," pungkasnya.



Simak Video "Kisah Pilu Orang Tua Korban Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
Cerita Pejuang Tinja
Cerita Pejuang Tinja
7 Konten
Berbagai kisah dari mereka yang berkutat dengan limbah rumah tangga. Beberapa di antaranya sering kita sebut "tukang sedot wc" yang selama ini mungkin sering dipandang sebelah mata.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT