Sabtu, 09 Nov 2019 18:06 WIB

Cara Menahan Amarah dan Emosi Seperti Nabi Muhammad SAW

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi membaca Al-Quran, salah satu cara mengingat Allah SWT untuk menahan marah dan emosi. Foto: iStock Ilustrasi membaca Al-Qur'an, salah satu cara mengingat Allah SWT untuk menahan marah dan emosi. Foto: iStock
Jakarta - Tidak ada yang suka menjadi marah, hanya saja sebagian dari kita memiliki waktu yang sulit untuk mengendalikan emosi. Amarah dan emosi hanya satu tanda bahwa kita masih memiliki rasa.

Namun jika tak dikendalikan, kemarahan akan berdampak buruk. Bukan hanya pada psikis tapi juga kesehatan fisik. Karenanya, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya agar selalu bisa menahan emosi.

Banyak ayat yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah berisikan anjuran menahan emosi. Berikut ini adalah cara menahan amaran dan emosi seperti Nabi Muhammad SAW, dikutip dari berbagai sumber.


1. Mengingat Allah SWT

Nabi Muhammad SAW berujar, emosi adalah gejolak emosi yang berasal dari Setan. Untuk itu, tindakan terbaik adalah mencari perlindungan pada Allah SWT.

Bisa dengan melantunkan nama-Nya atau mengingat Allah SWT ketika sedang marah. Rasulullah bersabda ingatan akan Allah akan membawa terang dan kesejukan di hati, yang dapat mengurangi emosi.

2. Berwudhu

Nabi Muhammad menyarankan bahwa ketika kita merasa marah, ada baiknya untuk mengambil wudhu. Idenya adalah untuk mendinginkan tubuh dan jiwa dari panasnya amarah.

3. Ubah posisi

Rasulullah mengatakan jika Anda menjadi marah saat berdiri, maka duduklah, dan jika Anda duduk, maka berbaringlah. Ini adalah gerakan fisik untuk meredam amarah yang muncul di dalam hati.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)