Selasa, 19 Nov 2019 09:30 WIB

Awas! Stres Juga Bisa Memperparah Diabetes

Nurul Khotimah - detikHealth
Stres dapat memperburuk kondisi pasien diabetes. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Stres dapat memperburuk kondisi pasien diabetes. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang kini banyak diderita oleh usia produktif. Dengan banyaknya kasus mengenai diabetes, peran keluarga dan kerabat menjadi penting.

Pasalnya banyak orang yang mengidap diabetes mengalami kendala mental. Seperti stres karena mengetahui penyakit yang dideritanya.

dr Rudy Kurniawan, Spesialis penyakit dalam mengatakan, mengatasi diabetes tidak hanya dari segi obat. Karena jika kita hidup berdampingan dengan penyandang diabetes support system dari keluarga dan teman itu berpengaruh penting.

"Karena diabetes itu agak kompleks. Jadi justru lebih bahaya dari komplikasi-komplikasinya. Oleh karena itu memang beberapa harus kita kerjakan secara support harus baik," jelasnya, Senin (18/11/2019).


Peran keluarga inilah yang membantu penderita diabetes untuk tetap semangat. Dengan semangat yang baik, proses penyembuhan dipercaya akan lebih mudah.

Selain itu, dr Rudy Kurniawan juga menjelaskan bahwa keluarga atau kerabat berperan sebagai pengingat untuk tetap menjaga pola hidup sehatnya.

"Itu betapa pentingnya peran keluarga. Karena kalau orang-orang terdekat yang mengingatkan sering kali orang itu lebih terperhatikan dan secara support system juga lebih baik," pungkasnya.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)