Selasa, 19 Nov 2019 11:45 WIB

ASI Sarwendah Diminum Anak Remaja, Adakah Manfaatnya? Ini Kata Dokter

Michelle Natasya - detikHealth
Sarwendah memberikan ASI perah untuk anak remajanya yang tidak sempat menyusu saat bayi. (Foto: Palevi S/detikFoto) Sarwendah memberikan ASI perah untuk anak remajanya yang tidak sempat menyusu saat bayi. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?
Jakarta - Meski usianya sudah 14 tahun, Betrand Peto, anak angkat Ruben Onsu diketahui rutin meminum ASI (Air Susu Ibu) Sarwendah. Sang anak yang kini beranjak remaja meminum ASI atas keinginannya sendiri lantaran tak pernah merasakan ASI dari ibu kandungnya.

ASI memang lazimnya dikonsumsi bayi. Organisasi kesehatan dunia WHO juga menganjurkan pemberian ASI hanya sampai anak berusia 2 tahun.

Namun, sempat menjadi tren juga beberapa waktu lalu, ASI yang dimanfaatkan oleh orang dewasa. Konon, bermanfaat untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya digunakan untuk pasien kanker. Benarkah ASI semanjur itu?



dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Indonesia), mengatakan bahwa pada ASI ditemukan zat-zat seperti stemcell dan protein hamlet yang dapat menghambat pertumbuhan sel ganas. Menurutnya, di luar negeri memang sel hamlet pada ASI ini digunakan untuk terapi 40 jenis kanker.

"Tapi ini tentunya perlu riset dan yang diberikan ke pasien bukan dalam bentuk ASI minum. Tapi sudah diproses sudah diambil ekstraknya yang dibutuhkan untuk pengobatan," terangnya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).

"Memang ada indikasi medisnya. Kalau orang sehat buat apa?" tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa ASI yang dikonsumsi orang dewasa tentu harus jelas tujuannya. Karena menurutnya, belum ada penelitian manfaat ASI pada anak remaja maupun orang dewasa ketika diminum langsung.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?