Sabtu, 23 Nov 2019 13:35 WIB

Terpopuler Sepekan: Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Paru-paru Hitam Akibat Rokok

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sarwendah dan Ruben Onsu saat ditemui di studio Trans TV. (Foto: Noel/detikFoto) Sarwendah dan Ruben Onsu saat ditemui di studio Trans TV. (Foto: Noel/detikFoto)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?
Jakarta - Di awal pekan ini, kabar soal Betrand Peto rutin meminum ASI dari ibu angkatnya, Sarwendah, mencuri perhatian netizen. Banyak yang bertanya-tanya apa tidak menjadi masalah sebab saat ini telah berusia 14 tahun.

Diceritakan oleh Ruben Onsu, Betrand sendiri lah yang meminta untuk minum ASI karena sejak kecil tak pernah merasakannya dan penasaran dengan rasanya. Tak tega, Sarwendah akhirnya memberikan ASI perahnya kepada Betrand untuk diminum.

Anjuran minum ASI sebenarnya hanya sampai usia 2 tahun, demikian penuturan dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Tujuan pemberian ASI di masa itu selain untuk kebutuhan nutrisi bayi, juga bounding antara ibu dan bayi. Setelah umur itu, pemberian ASI dirasa tak ada artinya.

"Tujuannya apa? Karena kalau bayi kan jelas tujuannya. Kalau untuk remaja atau dewasa saya nggak paham fungsinya apa," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).



Selain soal Betrand minum ASI Sarwendah, ada juga berita yang menjadi sorotan soal paru-paru menghitam karena kebiasaan merokok selama 30 tahun. Sebuah video viral menunjukkan paru-paru perokok yang tak lagi merah muda karena rokok.

Awalnya, pria yang berasal dari China ini ingin mendonorkan organnya setelah meninggal. Namun setelah dinyatakan mati otak dan paru-parunya akan didonasikan, tim medis melihat ada yang tidak beres.

Melihat hal ini, dr Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR, Dokter Spesialis Paru di RS Paru Persahabatan mengatakan bahwa informasi terkait paru-paru perokok yang bisa menghitam ini sudah ada sejak lama. Hanya saja mungkin masyarakat baru menyadarinya.

"Baru tahu kalau paru perokok hitam? Itu dari lama juga sudah banyak info tersebut. Searching saja pasti sudah banyak tentang ini," kata dr Agus.



Merokok memang kebiasaan buruk yang dimiliki banyak orang. Tapi bagaimana jika pekerjaan itu bisa membuatmu dibayar mahal hingga ratusan juta?

Meski pro-kontra, bisnis ganja sangat populer di negara yang sudah lebih dulu melegalkannya. Salah satu pekerjaan gaji tinggi yakni pengisap ganja profesional.

Pekerjaan ini ditawakan di AmericanMarijuana.org, situs yang kerap mengulas soal produk ganja, salah satunya ganja medis. "Semua orang tergila-gila dengan rokok ganja. Bisa dibayar untuk melakukan hal tersebut membuatnya jadi semakin menarik," kata Dwight Blake, pencari penguji ganja, mengutip The Sun.

Meski demikian, pekerjaan ini lebih dari sekedar pengisap ganja. Sebab kandidiat juga dituntut memiliki pengetahuan luas seputar ganja.



Belakangan yang juga ramai dibicarakan adalah serangga misterius penyebab tangan bolong-bolong. Dalam unggahan tersebut juga ada foto telapak tangan dan jari yang tampak bolong karena gigitan seekor serangga.

Sayangnya, berita tersebut bohong atau hoax lama. Foto yang beredar adalah rekayasa digital yang bahkan bisa dilakukan dengan make-up.

Penelusuran detikcom menemukan bahwa serangga misterius yang disebut dalam info sebetulnya tidak seseram yang digambarkan. Namanya giant water bug atau serangga air raksasa dari jenis Belostomatidae.



Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?