Rabu, 20 Nov 2019 05:00 WIB

Round Up

Sarwendah Berikan ASI untuk Anak Remaja dan Tren ASI untuk Dewasa

Michelle Natasya - detikHealth
Ruben Onsu dan Sarwendah (Foto: Pingkan/ detikHOT) Ruben Onsu dan Sarwendah (Foto: Pingkan/ detikHOT)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?
Jakarta - Di usianya yang sudah 14 tahun, anak angkat dari Ruben Onsu dikabarkan rutin meminum ASI (Air Susu Ibu) Sarwendah. Hal ini tentu saja menimbulkan perbincangan di masyarakat.

dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI, mengatakan bahwa organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan ASI diberikan hanya sampai anak berusia 2 tahun. Ia justru mempertanyakan jika ASI diberikan pada remaja atau orang yang sudah dewasa.

"Tujuannya apa? Karena kalau bayi kan jelas tujuannya. Kalau untuk remaja atau dewasa saya nggak paham fungsinya apa," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).



Beberapa waktu lalu tren ASI pada remaja dan dewasa juga sempat mencuat. Beberapa orang memanfaatkan ASI untuk menjaga kesehatannya.

Terkait hal ini, dokter Wiyarni menjelaskan bahwa pada ASI memang ditemukan zat-zat seperti stemcell dan protein hamlet yang dapat menghambat pertumbuhan sel ganas seperti kanker. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya ASI ini perlu diproses terlebih dahulu dengan mengambil ekstraknya, bukan diminum langsung.

Sampai saat ini penelitian terkait manfaat ASI untuk mencegah penyakit, baru dilakukan pada bayi. Belum ada penelitian terkait manfaat ASI ketika dikonsumsi langsung oleh remaja maupun orang dewasa.



Selain diklaim dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, mengonsumsi ASI pada usia dewasa juga banyak dilakukan oleh para binaragawan. ASI diklaim dapat menjadi sumber energi dan protein yang membantu perkembangan massa otot.

Oleh para dokter, klaim ASI untuk perkembangan massa otot itu tidak mendasar. Penambahan massa otot bukan hanya ditentukan oleh konsumsi susu, melainkan oleh banyak faktor seperti intensitas latihan, teknik latihan, serta asupan makanan yang sehat sekaligus lengkap.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?