Selasa, 19 Nov 2019 22:06 WIB

Dengan Alasan Kesehatan, Orang-orang Dewasa Ini Juga Minum ASI

Michelle Natasya - detikHealth
Orang dewasa minum ASI memang tak lazim dan dipertanyakan manfaatnya (Foto: Thinkstock) Orang dewasa minum ASI memang tak lazim dan dipertanyakan manfaatnya (Foto: Thinkstock)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?
Jakarta - Ruben Onsu baru-baru ini mengaku bahwa anak angkatnya rutin konsumsi Air Susu Ibu (ASI) Sarwendah. Bahkan, mereka menyiapkan kulkas khusus untuk menyimpan stok ASI-nya tersebut.

Beberapa waktu lalu tren ASI pada orang dewasa juga sempat mencuat. Beberapa orang dewasa memanfaatkan ASI untuk menjaga kesehatannya.

Terkait hal ini, beberapa pakar memang berpendapat bahwa ASI belum terbukti bermanfaat bagi orang dewasa. Salah satunya adalah dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI.

"Jadi ASI ada efek jangka panjang untuk cegah diabetes, hipertensi, serangan jantung, dan kanker ketika seseorang dewasa. Jangan kita balik. Orang yang udah punya diabetes, hipertensi, dan parkinson, minum ASI lalu sembuh, bukan seperti itu," terang dr Wiyarni pada detikcom, Selasa (19/11/2019).

Meski demikian, detikcom merangkum beberapa kisah orang-orang yang mengaku mendapatkan manfaat dari mengonsumsi ASI ketika dewasa, sebagai berikut:



1. Helen Fitzsimmons

Nama Helen beberapa waktu lalu dikenal luas karena memberikan ASI kepada ayahnya yang mengalami kanker prostat. Helen memberikan ayahnya ASI sekitar 59 mililiter per hari.

Menurut keterangan dokter, kadar protein tertentu dalam tubuh sang ayah karena kanker terbukti menurun sejak dirinya minum ASI dari Helen. Meski begitu, ayahnya tetap meninggal di usia 72 tahun atau 16 bulan setelah pertama kali meminum ASI. Helen meyakini jika ASI tersebut sudah memperpanjang umur sang ayah.

2. Fred Whitelaw

Di tahun 2015, Fred didiagnosis menderita kanker perut dan kambuh di tahun 2017. Ia kemudian diberi minum ASI oleh putrinya, Jill Turner. Jill mengaku membaca artikel tentang kandungan ASI yang dapat membunuh sel-sel kanker.

Selain diminum langsung, kadangkala Fred meminum ASI tersebut dengan mencampurkannya ke dalam kopi. Tak hanya oleh sang ayah, ASI Jill juga diminum suaminya untuk menyembuhkan eksim yang dideritanya.



3. Susan O'Brien

Suatu ketika Susan tersesat di sebuah hutan di Wellington, Selandia Baru. Ia baru ditemukan 24 Jam kemudian oleh otoritas setempat.

Menariknya, kepada wartawan Susan mengaku bertahan hidup dengan meminum ASI-nya sendiri. Namun saat itu Susan tak hanya mencoba bertahan hidup dengan ASI. Kebetulan ia juga masih memiliki dua liter air dan sebuah energy bar.

4. ASI untuk binaragawan

Di Negeri Paman Sam, ASI diolah menjadi suplemen khusus, utamanya bagi mereka yang sedang membentuk otot tubuhnya. ASI yang kebanyakan dicari oleh pria dewasa tersebut dihargai 2 dollar AS atau sekitar Rp 23.000 untuk tiap 30 mililiter ASI, tergantung dari kualitas dan kesegarannya. Biasanya, pria-pria ini membeli ASI hingga 1,5 liter.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Anak Remaja Minum ASI?