Rabu, 20 Nov 2019 16:29 WIB

Beredar Info Gigitan Serangga Misterius Bikin Tangan Bolong, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Hoax efek gigitan serangga yang bikin tangan bolong. Foto: Tangkapan layar Facebook Hoax efek gigitan serangga yang bikin tangan bolong. Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta - Di media sosial beredar info tentang keberadaan serangga misterius yang gigitannya disebut bisa membuat kulit bolong. Dalam unggahan turut disertakan juga gambar telapak tangan dan jari tampak bolong-bolong serta seekor serangga di batang tumbuhan.

"INGAT, KALAU LIHAT SERANGGA INI. DOKTR SPESIALIS, TAM MAMPU MENGOBATI," tulis seorang pengguna Facebook yang turut membagikan informasi pada 4 November 2019 lalu.

Kenyataannya informasi ini adalah berita bohong atau hoax lama yang bersemi kembali. Halaman pencari fakta Snopes misalnya menemukan bahwa apa yang tampak seperti tangan atau jari dengan kondisi bolong tersebut adalah hasil rekayasa digital. Efek yang sama bahkan juga bisa dilakukan dengan make-up.


Sementara itu penelusuran detikcom menemukan bahwa serangga misterius yang disebut dalam info sebetulnya tidak seseram yang digambarkan. Namanya giant water bug atau serangga air raksasa dari jenis Belostomatidae.

Dikutip dari jurnal Wilderness & Environmental Medicine 2010, serangga air raksasa memang diketahui bisa menggigit manusia ketika terganggu. Gigitannya bisa menyebabkan rasa sakit karena mengandung racun namun tidak sampai membuat kulit bolong.

"Serangga-serangga ini punya air liur yang menyebabkan rasa sakit luar biasa dan kelumpuhan pada hewan bertulang belakang. Korban gigitan biasanya mendeskripsikan rasa sakit intens, tak tertahankan, dan ada satu laporan berujung hypoesthesia (distorsi sensoris)," tulis peneliti dalam jurnal.



Simak Video "Kata Psikolog soal Awkarin yang Hengkang dari Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)