Selasa, 26 Nov 2019 09:43 WIB

Mau Tahu Kenapa Harga Minyak Gosok Mahal? Menkes Terawan Ungkap Alasannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi minyak gosok. Foto: iStock
Jakarta - Minyak gosok seringkali dipakai sehari-hari baik untuk mengatasi masuk angin, nyeri otot, sendi, dan berbagai keluhan lainnya. Sayang, kini banyak yang mengeluhkan harganya yang makin mahal.

Ini disinggung juga oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto. Menurutnya tidak hanya obat generik yang mahal, obat-obat tradisional seperti minyak gosok juga banyak dikeluhkan karena mahal karena proses perizinan yang berbelit.

"Waktu itu saya kebetulan mampir ke rumah minyak gosok, saya tanya berapa lama ngurus izinnya. Sampe ayam bertelor dan telornya jadi ayam lagi belum selesai, wah pantes mahal banget," kata Menkes Terawan, ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2019).



Perizinan yang memakan waktu berbulan-bulan yang dirasakan produsen dinilai Menkes tidak sesuai dengan regulasi yang ada. Maka dari itu, Menkes mengambil alih surat izin edar yang semula diawasi oleh BPOM dan melakukan deregulasi.

"Nanti saya akan buat terms and condition saja, jadi persyaratan yang sudah dilengkapi kalian centang, dan tinggal tanda tangan di atas materai saja," tambahnya.

Menkes Terawan meyakini kemudahan perizinan ini akan berlangsung secara optimal di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Hal ini semata-mata demi memajukan para produk investor khususnya dalam industri farmasi dan teknologi kesehatan.

Dengan adanya deregulasi yang memudahkan perizinan. Menkes Terawan mengharapkan lebih banyak lagi produk dan inovasi dalam industri farmasi yang hadir demi menaikkan daya saing di pasaran.



Simak Video "Menkes Terawan Terbitkan Protokol COVID-19 untuk Konser"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)