Selasa, 26 Nov 2019 11:34 WIB

Vaper Pamer Rontgen Paru

Vaper Pamer Foto Rontgen Paru-paru, Kenapa Tak Hitam Seperti Perokok?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto galeri foto rontgen paru para pengguna vape. dok: Pentolan Vape Jawa Timur (PVJT) Foto galeri foto rontgen paru para pengguna vape. dok: Pentolan Vape Jawa Timur (PVJT)
Jakarta - Ramai-ramai para pengguna vape atau yang biasa disebut vaper memamerkan hasil foto rontgen paru-parunya. Diyakini, 219 rontgen paru-paru vaper yang dipamerkan di Surabaya, Jawa Timur bersih.

"Dan untuk waiting list masih 90 orang. Dari 219 orang yang mengikuti kegiatan ini, 80 persen pure vaping dan 20 persen Hybrid (vape dan rokok). Namun semua hasil rontgen tidak ada sama sekali flek dan peradangan," ujar Paijo, Vape Louder sekaligus pembina dari PVJT kepada detikcom, Senin (25/11/2019).


Rontgen para pengguna vape diklaim lebih bersih dibanding paru-paru perokok.Rontgen paru para pengguna vape diklaim lebih bersih dibanding paru-paru perokok. Foto: dok. Pentolan Vape Jawa Timur (PVJT)

Apakah kondisi paru-paru vaper bisa menghitam seperti pada perokok konvensional? dr Agus Dwi Susanto, SpP (K), FISR, FAPSR, Dokter Spesialis Paru di RS Paru Persahabatan pernah mengatakan sejauh ini belum ada data yang memperlihatkan pengguna vape paru-parunya menghitam. Sebab, fenomena vaping masih tergolong baru.

"Belum ada datanya, kan masih baru vaping," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019) lalu.

Dalam wawancara sebelumnya, dr Agus menyinggung kandungan korosif yang juga bisa merusak jaringan paru. Hanya saja mungkin warnanya tidak hitam. Sementara pada perokok konvensional, dr Agus menegaskan bahwa semakin banyak rokok yang diisap, maka semakin cepat pula paru-paru menghitam akibat karbon hasil pembakaran.

"Pernah lihat cerobong asap? Biasanya saat perapiannya nyala, itu dindingnya hitam-hitam. Atau kalau di kampung yang masak pakai kayu bakar, dinding di dapur tempat dia masak biasa hitam-hitam. Ya konsepnya sama (pada paru-paru perokok)," terang dr Agus.

Dalam sebuah video viral, disebutkan paru-paru perokok akan menghitam seperti ini.Dalam sebuah video viral, disebutkan paru-paru perokok akan menghitam seperti ini. Foto: Viral




Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)