Rabu, 27 Nov 2019 05:00 WIB

Benarkah Air Kelapa Bisa Bantu Keluarkan Dahak, Bersihkan Paru-paru?

Firdaus Anwar - detikHealth
Anggapan air kelapa bisa membersihkan dahak tidak sepenuhnya tepat (Foto: viral) Anggapan air kelapa bisa membersihkan dahak tidak sepenuhnya tepat (Foto: viral)
Jakarta - Di internet ada banyak tips kesehatan untuk paru-paru, salah satunya menyebut manfaat air kelapa. Beberapa orang percaya bahwa rutin minum air kelapa dapat membersihkan paru-paru dari hal yang merugikan seperti dahak, flek, hingga penyakit lainnya.

Terkait hal tersebut Profesor dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K), dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menegaskan hal itu tidak benar. Memang minum air kelapa dapat membantu mengeluarkan dahak, namun bukan karena kandungan khususnya.



"Dahak itu kan kental, bagaimana supaya mudah dikeluarkan? Diencerkan. Salah satu caranya dengan banyak minum. Minum air kelapa ya sama saja kaya banyak minum air biasa, dengan begitu cairan masuk ke tubuh sehingga mengencerkan dahak," kata Prof Faisal di Kantor PDPI, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (26/11/2019).

"Jadi bukan karena air kelapa bisa (baik) untuk paru-paru. Belum ada data penelitian," lanjutnya.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengurangi paparan polusi dan olahraga. Asap rokok disebut Prof Faisal jadi kontributor terbesar terhadap kasus penyakit paru-paru seperti kanker hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)